Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Candi Prambanan, Obama Mengenang Masa Kecilnya

Kompas.com - 29/06/2017, 16:25 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Candi Prambanan bukan hal baru bagi mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Presiden Amerika Serikat ke-44 itu ternyata memiliki kenangan di candi Hindu itu.

"Dia bilang waktu seusia bocah yang ikut rombongan dia, sekitar (usia) tujuh tahun, pernah ke sini," ujar pemandu sekaligus arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, Manggar Sari Ayuwati, kepada wartawan di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

Manggar menjelaskan, Obama mengenang masa kecilnya ketika mengunjungi Candi Nandi. Meski kunjungannya singkat, di candi itu dia pernah foto ketika masih bocah.

"Dia juga tahu Anoman ketika melihat reliefnya. Makanya saya langsung ajak ke relief Anoman membakar Ngalengka dan dia foto secara detail relief itu," ucap Manggar.

(Baca juga: Cerita Obama Asyik Diskusi dengan Putri Sulungnya di Candi Prambanan)

Menurut Manggar, Obama sangat kagum dengan Candi Prambanan. Sebab, Candi Prambanan yang awalnya reruntuhan batu bisa menjadi sebuah heritage dunia.

"Kesan dia terhadap candi ini bagus sekali, indah, dan megah," kata Manggar.

Obama datang ke Candi Prambanan bersama istrinya, Michele Obama, dan dua anaknya, Malia Obama dan Natasha Obama. Sejumlah kerabatnya pun ikut dalam liburan tersebut, satu di antara Maya Soetoro.

Obama beserta keluarga tiba di Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017) tepat pukul 09.10 WIB. Obama terlihat mengenakan kaus biru donker dan celana panjang putih.

(Baca juga: Di Prambanan, Obama Paling Betah di Candi Shiwa)

Ia berjalan kaki memasuki kawasan candi induk melalui pintu sebelah selatan, dikawal pasukan pengamanan presiden (paspampres) dan Secret Service.

Obama berada di Candi Prambanan selama satu jam. Selain mengelilingi kawasan candi induk, Obama sering berdiskusi dengan anak tertuanya. Hal itu dilakukannya setelah mendapatkan penjelasan tentang candi dari Manggar. Obama meninggalkan situs tersebut pukul 10.20 WIB. 

Kompas TV Pengamanan di lokasi Candi Prambanan disiagakan jelang kunjungan Obama di lokasi ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com