Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukacita Pemilik Hotel Tentrem Saat Obama Pilih Menginap di Tempatnya

Kompas.com - 28/06/2017, 16:21 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Sidomuncul Group Irwan Hidayat mengaku senang sekaligus terhormat karena mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menginap di Hotel Tentrem selama lawatannya ke Kota Yogyakarta.

Kepada Kompas.com, Irwan mengungkapkan perasaan sukacitanya itu secara langsung melalui sambungan telepon dari Jepang, Rabu (28/6/2017) pada pukul 13.48 Wib.

"Saya merasa senang, merasa terhormat. Sebab Obama ini mantan Presiden Amerika Serikat, dia punya banyak kelebihan. Orangnya baik, dan dia itu presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat," kata Irwan.

Menurut Irwan, kedatangan Obama ke hotel miliknya sebenarnya sudah ia ketahui sejak tiga pekan lalu melalui Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal. Namun karena alasan keamanan, Irwan tidak berani membuka informasi ini ke publik.

(Baca juga: Seperti Ini Hotel Tempat Obama Menginap di Yogyakarta)

 

"Tanggal 15 Juni lalu sebenarnya saya sudah diberitahu bahwa panitia Diaspora memilih Tentrem untuk akomodasi Obama. Tapi saya tidak berani mengumumkan, karena pertama bukan pihak yang berkompeten dan kedua karena alasan keamanan," tuturnya.

Kendati dirinya sedang berada di Jepang, ia memastikan ada perwakilan keluarga Sidomuncul ikut menyambut kedatangan Obama dan keluarganya di Hotel Tentrem Yogyakarta.

"Saya tidak bisa, karena sudah merencanakan (liburan) ini sejak enam bulan yang lalu. Tapi ada Pak Johan Hidayat dan keluarga lainnya menyambut," tuntasnya.

(Baca juga: Mengintip Kamar Terbaik di Hotel Yogyakarta Tempat Obama Menginap)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barrack Obama, tiba di DI Yogyakarta, Rabu (28/6/2017). Obama bersama rombongan keluar dari Pangkalan Udara Adisutjipto tepat pukul 12.36 WIB.

Obama terpantau menumpangi mobil Land Cruiser hitam dengan plat nomor CD 12 69. Ia terlihat duduk di bangku kedua atau di belakang sopir. Ia yang mengenakan kacamata hitam itu juga terlihat didampingi istrinya, Michelle Obama.

 

Kompas TV Nuansa alam menjadi salah satu tujuan Barack Obama beserta keluarga mengisi waktu liburannya di Pulau Dewata.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com