Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlibur di Yogyakarta, Obama Akan Kunjungi Puncak Becici Dlingo

Kompas.com - 28/06/2017, 11:05 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan berkunjung ke Yogyakarta untuk berlibur, 28-30 Juni 2017.

Salah satu tempat yang rencananya akan dikunjungi Obama adalah Puncak Becici di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul.

Ketua Operator Kawasan Puncak Becici, Sugandi, mengatakan, sudah ada 8 anggota tim survei dari luar negeri yang datang, Senin (26/6/2017).

"Kebelulan saya pas tidak di sini, yang memberi tahu teman-teman petugas. Dari sopir yang mengangkut delapan orang londo (warga asing) katanya survei kunjungan Obama," katanya saat ditemui di Puncak Becici, Rabu (28/6/2017).

Kunjungan ke tempat ini juga dilakukan Komandan Kodim 0729 dan Kapolres Bantul. Namun demikian sampai saat ini belum ada konfirmasi pihak terkait.

"Sampai saat ini belum mengetahui kepastian kedatangan, tetapi kemarin ada dari aparat memberi tahu jika ada kunjungan dari Obama disuruh untuk mempersiapkan toilet hingga seragam," ucapnya.

(Baca juga: "Semoga Obama Mau Mampir ke Rumah Bulaksumur Blok D7")

Pengelola Puncak Becici mengaku bersyukur seandainya Obama benar-benar datang ke tempat ini. Pasalnya, obyek wisata yang dikelola masyarakat 2,5 tahun terakhir itu bisa lebih terkenal dan mendunia.

"Alhamdullilah jika terealisasi," katanya.

Sementara itu, saat dihubungi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, mengakui bahwa Puncak Becici adalah salah satu lokasi wisata yang diminati Obama.

"Informasinya tujuan utama Obama ke Borobudur dan Prambanan, namun bisa jadi ke Becici. Karena Becici salah satu objek (wisata) yang kabarnya diminati Obama," katanya.

(Baca juga: Cerita Yusana, "Rafting" Satu Perahu dengan Obama di Bali)

Sementara itu, Kelompok Pengelola Wisata Puncak Becici di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, mengaku sudah didatangi aparat keamanan terkait rencana kedatangan Obama.

"Dari Kodim, Koramil, Polsek, sudah datang kesini. Kalau surat resminya enggak ada. Nanti jika pasti akan dikonfirmasi lagi," ungkap seorang pengelola Puncak Becici, Pardiman.

Pengarahan dari pihak aparat adalah jalan menuju pintu masuk dikosongkan separuh jalan saat kedatangan Obama, parkir ditata, hingga persiapan toilet.

"Area masuk dikosongkan separuh jalan. Kalau dari aparat cuma bilang begitu," katanya.

(Baca juga: Ini Tempat Tidur dan Kursi yang Digunakan Obama Kecil di Yogyakarta)

 

 

Kompas TV Barack Obama dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak dijadwalkan bertemu di sela masa liburan keduanya di Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com