Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Memori Liburan Masa Kecil Obama di Yogyakarta

Kompas.com - 27/06/2017, 19:50 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Usai berlibur Bali, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana melanjutkan liburannya di Yogyakarta.

Bagi Obama, Yogyakarta bukanlah tempat yang asing. Sewaktu kecil, Obama diketahui kerap datang dan menghabiskan waktunya di rumah paman tirinya di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman, setiap libur panjang.

"Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sangat paham sekali dengan rumah di Bulaksumur Blok D7," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo, Selasa (27/6/2017).

Widodo bercerita, rumah di Bulaksumur yang berada di Kompleks UGM ini dahulu ditinggali oleh Prof Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM. Istri Iman adalah kakak dari Dr Soetoro yang tidak lain adalah ayah tiri Obama.

"Dr Soetoro mempunyai istri warga Amerika, Ann Dunham (ibu Barack Obama). Ann Dunham sendiri saat itu menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM," ungkapnya.

(Baca juga: Ini Tempat-tempat yang Akan Dikunjungi Obama di Yogyakarta)

Saat Obama masih kecil dan sekolah di SD Menteng, Jakarta, dia selalu datang berkunjung ke Bulaksumur setiap libur panjang. Obama bersama ibu dan ayah tirinya berangkat dari Jakarta menuju Yogyakarta dengan menggunakan kereta api.

"Ketika Obama kecil tahun 1967-1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7 karena ibu dari Dr Soetoro atau neneknya Obama tinggal di rumah Blok D7," ucapnya.

(Baca juga: Cerita Yusana, "Rafting" Satu Perahu dengan Obama di Bali)

Menurut dia, sampai saat ini, bangunan rumah di Bulaksumur masih dipertahankan seperti aslinya. Tak hanya bangunan luar, ruangan bagian dalam rumah pun masih sama seperti saat Obama datang berkunjung untuk mengisi liburannya.

"Masih tetap dipertahankan seperti dahulu, bahkan kamar tidur yang dulu dipakai oleh Obama juga masih ada," ungkapnya.

 

 

Kompas TV Obama terkesan dengan keindahan Sungai Ayung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com