Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Bali, Obama Bakal Berlibur di Jateng dan DI Yogyakarta

Kompas.com - 27/06/2017, 15:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Korem 072/Pamungkas menggelar rapat koordinasi pengamanan (rakorpam) dengan sejumlah pihak terkait dengan kedatangan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barrack Obama ke DI Yogyakarta.

Rakorpam itu pun dihadiri sejumlah pria asing yang disebut-sebut sebagai anggota pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat.

Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setiawan, menyatakan, pihaknya siap mengamankan kegiatan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barrack Obama selama berlibur di wilayahnya. Namun menurutnya, tak ada perlakuan khusus terhadap mantan orang nomor satu Amerika Serikat itu selama berlibur di Korem 072/Pamungkas.

"Tidak ada yang istimewa, dari Secret Service juga tidak ada permintaan khusus, mereka memahami SOP yang kami miliki dan kami saling menguatkan," kata Fajar usai rakorpam di kantor Korem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan, Kota Yogyakarta, Selasa (27/6/2017).

Kendati begitu, jenderal bintang satu itu mengaku belum bisa memastikan tempat menginap dan okasi wisata mana saja yang dituju Obama selama berlibur di DIY nanti. Pihaknya masih menunggu kepastian tersebut dari bagian protokol pasukan pengamanan Obama selama melawat di Indonesia.

"Kami nanti menyesuaikan, di mana pun (Obama) mengunjungi, kami menyesuaikan. Di mana pun dia menginginkan, misalnya pingin ke Kaliurang kami siap amankan. Kami aparat memang ditugaskan untuk itu," kata Fajar.

(Baca juga: Ini Tempat-tempat yang Akan Dikunjungi Obama di Yogyakarta)

Saat dikonfirmasi kemungkinan Hotel Tentrem menjadi tempat menginap Obama selama berlibur di DIY, Fajar mengaku belum mendapatkan informasi, termasuk juga destinasi wisata yang bakal dikunjunginya. Obama disebut-sebut akan mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Taman Breksi.

Namun adanya informasi tersebut, dia tak membantah dan tak membenarkannya.

"Intinya kami siap mengamankan. Namanya rencana masih tentatif. Kami juga tidak bisa memutuskan mana saja lokasi wisata yang akan dikunjunginya. Yang jelas DIY dan Jateng," kata Fajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com