Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Tahun Ini, Ganjar Akhirnya Mudik ke Tawangmangu

Kompas.com - 25/06/2017, 07:59 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memilih merayakan Idul Fitri 1438H di tempat kelahirannya, di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Sejak menjabat sebagai gubernur, Ganjar mengaku sengaja merayakan Lebaran di tempat yang berbeda-beda. Lebaran tahun ini juga di luar ibu kota Jawa Tengah.

"Shalat id pertama jadi gubernur itu di Semarang. Setelah itu keliling di daerah," kata Ganjar, saat dikonfirmasi, Minggu (25/6/2017).

Pada tahun pertama saat menjabat, Ganjar berlebaran di ibu kota Jateng di Semarang. Kemudian pada tahun kedua, dia merayakan tahun baru di Purworejo.

Pada tahun ketiga, Ganjar masih di luar kota yaitu di Kabupaten Purbalingga. Akhirnya pada tahun ini, dia merayakan Lebaran di tempat kelahirannya di Tawangmangu di lereng Gunung Lawu.

"Saya Lebaran dan shalat id di Tawangmangu," tambahnya.

Setelah melaksanakan shalat id, Ganjar juga akan menggelar open house di kediamannya di RT 3/2 Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Pada sore hari, Ganjar akan berangkat ke Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, untuk bermalam di sana.

Pada momentum Lebaran tahun ini, Ganjar mengaku berlebaran sebagai seorang yatim piatu.

"Sekarang saya yang harus menjadi orangtua. Tentu orangtuanya Jateng juga," ucapnya.

Pada hari kedua Lebaran, Ganjar juga akan menggelar open house di kediamannya di Jalan kantor Pos nomor 1, Kutoarjo, pukul 08.30-09.00 WIB.

Kemudian pada hari Lebaran ketiga, Ganjar berencana melakukan silaturahim di Pondok Pesantren Sukawarah, Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Masyarakat yang ingin bersilaturahim diperkenankan hadir ke Ponpes Sukawarah pada pukul 08.30-13.00 WIB.

Harapan istri

Istri Ganjar, Siti Atikoh, menambahkan, dirinya berharap bisa mengajak suaminya mengunjungi objek wisata. Menurut dia, selama ini, kesibukan Ganjar sebagai gubernur tidak memungkinkan untuk mengajak keluarga jalan-jalan, terutama di objek wisata.

"Meski libur, Bapak kan tetap kerja. Apalagi arus mudik ini, harus terus memantau. Semoga besok bisa ke objek wisata. Berwisata sekaligus meninjau objek wisata tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, akan menggelar open house di rumah dinasnya di Jalan Rinjani No. 1 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Heru mengikuti shalat Idd di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jalan Gajah Raya Semarang.

(Baca juga: Survei Pilkada Jateng: Ganjar 51,6 Persen, Nama Lain di Bawah 5 Persen)

 

 

Kompas TV Banyak pihak yang menyindir Ganjar Pranowo terkait masalah ini dan menyampaikan melalui media sosial. Apa reaksi Gubernur Jawa Tengah ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com