Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, PLN Babel Prioritaskan Sejumlah Fasilitas Publik

Kompas.com - 24/06/2017, 17:02 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Pusat transportasi, pusat perbelanjaan, hingga rumah dinas pimpinan daerah, termasuk dalam daftar layanan prioritas jaringan listrik selama libur lebaran Idul Fitri 2017.

“Titik-titik yang menjadi layanan prioritas seperti fasilitas publik yang menyangkut objek vital negara,” kata Deputi Manajer Humas dan Hukum PLN Kepulauan Bangka Belitung, Agus Yuswanta, Sabtu (24/6/2017).

Untuk wilayah Kepulauan Bangka Belitung, layanan prioritas di antaranya meliputi Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Bandara HAS Hanandjoedin Belitung, Pelabuhan Pangkalbalam, RSUD Depati Hamzah, Pelabuhan Tanjung Kalian, Alun-alun Taman Merdeka, rumah dinas gubernur/bupati dan wali kota.

Adapun persiapan yang dilakukan PLN adalah dengan membuka 17 posko layanan siaga yang didukung sebanyak 340 petugas.

Sarana pendukung lainnya berupa 27 unit kendaraan pelayanan teknik, 8 unit trafo mobil, serta 2 unit mobil genset.

“Saat Idul Fitri 2016 lalu, beban puncak sistem Bangka  120 MW, Belitung 27 MW. Maka untuk Idul Fitri 2017 ini, kami prediksi beban puncak Bangka 135 MW dan Belitung 39 MW,” ujarnya.

Beban energi listrik saat momen lebaran, kata Agus, cenderung turun karena aktivitas pabrik dan perkantoran yang diliburkan.

“Kalau pun ada gangguan barangkali karena faktor alam. Sambaran petir atau hewan liar. Untuk daya sudah terpenuhi bahkan kondisinya surplus,” paparnya.

PLN Wilayah Kepulauan Bangka Belitung memastikan ketersediaan energi listrik saat ini tidak hanya mampu mengakomodir kebutuhan rumah tangga, tapi bisa melayani kebutuhan industri skala besar.

Baru-baru ini jaringan energi bertambah dengan dioperasikannya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Pangkal Pinang – Koba dan Pangkal Pinang Kelapa, sebesar 150 kV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com