3 Kecelakaan Tunggal Terjadi, Waspada Saat Melintasi Jalur Darurat Pemalang-Grinsing

Kompas.com - 23/06/2017, 06:32 WIB
Salah satu kejadian laka tunggal di jalan darurat Pemalang -Grinsing Batang Jawa Tengah. KOMPAS.Com / dok. Basarnas Jawa Tengah Kompas.Com/dok. Basarnas Jawa TengahSalah satu kejadian laka tunggal di jalan darurat Pemalang -Grinsing Batang Jawa Tengah. KOMPAS.Com / dok. Basarnas Jawa Tengah
|
EditorAna Shofiana Syatiri

KENDAL, KOMPAS.com - Jalur darurat Pemalang - Gringsing, Batang, Jawa Tengah, yang dioperasikan selama arus mudik 2017 ini, telah memakan beberapa korban.

Berdasarkan informasi dari tim Basarnas Jawa Tengah yang berjaga di lokasi pada Kamis (22/6/17) kemarin, tercatat ada tiga kejadian pemudik yang mengalami masalah saat melintasi jalur darurat.

Menurut Humas Basarnas Jawa Tengah, Zulhawari, kejadian pertama menimpa pemudik Jakarta yang akan ke Klaten. Sang pengemudi, yang diduga mengantuk, tak mampu mengendalikan mobil Ertiganya sehingga keluar jalur dan terperosok.

Kejadian kedua, sebuah mobil Terios mengalami pecah ban depan kiri sehingga tak mampu melanjutkan perjalanan. Tim Basarnas pun membantu mengganti ban yang sobek tersebut.


Baca: Tol Darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang Dibuka 24 Jam

Kejadian ketiga kembali sebuah mobil Terios mengalami pecah ban dan harus diganti bannya.

Sedangkan pantauan di Brexit, tim Posko Siaga Basarnas mengevakuasi sebuah mobil Terano yang dikemudikan Ega (46), warga Bekasi, yang hendak mudik ke Solo. Kendaraan tersebut mengalami kecelakaan tunggal, terbalik saat menghindari sebuah mobil yang terparkir di pinggir jalan tol di ruas KM 256.

"Alhamdulillah tidak ada korban nyawa dalam kejadian hari ini," ujarnya.

Zulhawari mengatakan, belum siapnya jalur darurat untuk dilewati secara normal ini harus menjadi kewaspadaan bagi para pemudik yang akan melintasi jalan tersebut.

Baca: Kualitas Tol Brebes Timur-Pemalang-Batang Dinilai Sangat Buruk

Jalan yang berkelok, naik turun, serta masih banyaknya kerikil yang bertebaran di jalan darurat berpotensi menimbulkan masalah bagi para pemudik yang melintasinya. 

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X