Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Satu Hari, 3 Kecelakaan Terjadi di Tol Brebes-Grinsing

Kompas.com - 21/06/2017, 19:20 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Jalan tol fungsional dari Brebes Timur hingga Grinsing (Batang) mulai memakan korban. Setidaknya sejak dibuka pada Senin (19/6/2017) lalu, tercatat ada tiga kecelakaan terjadi selama tiga hari belakangan.

Sebanyak tiga kecelakaan itu tercatat pada Selasa (20/6/2017) ketika mobil Honda Freed bernomor polisi B 1335 SFW oleng hingga jatuh di sungai di wilayah Sewaka, Kabupaten Pemalang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun kendaraan tersebut diketahui ringsek.

Kemudian, pada Selasa (20/6/2017) malam sekitar pukul 22.30 WIB, kembali terjadi insiden kecelakaan di tol fungsional Batang-Semarang. Sebuah mobil Toyota Rush bernomor polisi B 1745 KRS ditemukan terbalik di wilayah Candiareng, Warungase, Batang. Insiden ini menyebabkan dua orang mengalami luka-luka hingga diawat di RSUD Kalisari, Batang.

Kecelakaan tersebut terjadi di jalan tol di STA 364-650.

Sementara kecelakaan ketiga tercatat pada mobil jenis Outlander yang ditemukan terperosok di tol fungsional Pemalang-Batang, tepatnya di KM 233, Petanjungan Pemalang. Mobil diduga mengalami kecelakaan karena sopir diduga mengantuk.

Baca juga: Kecelakaan Karambol Libatkan Bus dan Alphard, Satu Orang Tewas

Kasatlantas Polres Batang Ajun Komisaris Muhammad Adiel Aristo mengatakan, salah satu kecelakaan mobil Toyota Rush di Batang dikemudikan oleh Budi Hamzah Sukardi, warga kampung Rawabebek, Kotabaru, Bekasi Barat. Pemudik itu hendak mudik ke Malang, Jawa Timur.

"Sopir diduga mengantuk. Istirahat terakhir di wilayah Cirebon," kata Adiel, Rabu (21/6/2017).

Lantaran kecelakaan berulang, pihaknya meminta pemudik untuk beristirahat secara cukup sebelum melanjutkan perjalanan. Kecepatan kendaraan saat melaju di jalan tol fungsional juga diminta tidak lebih dari 40 kilometer per jam.

Adapun Kepala Humas PT Jasa Marga Semarang-Batang, Iwan Abrianto berharap pemudik memanfaatkan rest area yang disiapkan. Jasa Marga telah menyiapkan empat rest area, yaitu di KM 381, KM 391, KM 402 dan KM 409.

“Kami berharap, pemudik bisa istirahat dan berhenti di rest area yang kami siapkan,” tambahnya. 

Baca juga: Kapolri Imbau Pemudik yang Lewat Tol Bawa Bekal

Kompas TV Tol Fungsional Brebes Timur-Gringsing Diresmikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com