Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Mahasiswa AS-Australia Belajar Bahasa Sambil Nikmati Lebaran di Salatiga

Kompas.com - 20/06/2017, 06:51 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Bahasa Indonesia kian diminati masyarakat Internasional. Salah satunya terbukti dengan kunjungan 29 mahasiswa asing dari sejumlah universitas di Amerika dan Australia yang akan tinggal di Salatiga untuk belajar bahasa Indonesia.

Para mahasiswa asing ini akan mengikuti kegiatan Program Intensif Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia (PIBBI) ke 71 dan Consortium for the Teaching of Indonesian (COTI) 2017 di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pembantu Rektor IV UKSW Martha Nandari S Handoko, MA, di Balairung Universitas, Senin (19/6/2017) siang. Dalam sambutannya, Martha mengharapkan seluruh peserta dapat menikmati program PIBBI dan COTI dengan baik.

"Saya berharap semua peserta bisa mengikuti program dengan baik. Kali ini, peserta PIBBI dan COTI juga dapat merasakan suasana Lebaran di Indonesia, khususnya di Salatiga," ujar Martha Nandari.

(Baca juga: Utamakan Bahasa Indonesia)

 

Program PIBBI dan COTI ini diselenggarakan oleh Language Training Center (LTC) UKSW. Direktur LTC UKSW Johanna Likumahuwa mengungkapkan, PIBBI ke-71 diikuti 17 peserta, 14 di antaranya dari Australian National University, dan 3 peserta lainnya masyarakat umum.

"COTI tahun ini diikuti 12 peserta dan didampingi oleh Jolanda Pandin sebagai Presiden COTI," kata Johanna.

Ia mengungkapkan, peserta COTI tahun ini adalah mahasiswa 8 universitas di Amerika Serikat, yaitu dari Cornell University, University of California-Los Angeles (UCLA), Arizona State University, Northen Illinois University, University of Hawaii, University of Montana-Missoula, University of Michigan, University of Pennsylvania.

Tidak hanya belajar bahasa, peserta PIBBI dan COTI juga mempelajari budaya Indonesia. Dalam kesempatan kali ini, ada dua kelas budaya yang bisa dipilih, yaitu karawitan dan pencak silat.

"Hasil belajar kelas budaya peserta PIBBI akan ditampilkan pada acara Siang Budaya pada 14 Juli mendatang,” imbuh Johanna.

(Baca juga: Google Translate untuk Bahasa Indonesia Makin Mirip Manusia)

Ia menambahkan, PIBBI ke-71 akan berlangsung sampai 28 Juli 2017, sedangkan COTI akan berlangsung sampai 9 Agustus 2017. Berbeda dengan program PIBBI, mahasiswa Amerika peserta COTI akan belajar bahasa Indonesia secara lebih mendalam.

Selama mengikuti program COTI, mahasiswa akan belajar bahasa Indonesia dalam beragam topik seperti politik, keagamaan, ekonomi, budaya dan gender. "Tidak hanya belajar di kelas-kelas, peserta juga akan mengadakan kunjungan ke berbagai tempat sesuai tema," imbuhnya.

Kompas TV Kvitland Nyanyikan Lagu Nasi Padang Versi Bahasa Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com