Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Gilimanuk yang Tewaskan 8 Orang

Kompas.com - 18/06/2017, 17:13 WIB

JEMBRANA, KOMPAS.com - Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur mudik Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (17/6/2017) dan menewaskan 8 orang.

Kepolisian Daerah Bali menjelaskan, kecelakaan tersebut melibatkan minibus pariwisata dan truk tronton. Kecelakaan terjadi karena salah satu kendaraan tersebut kehilangan kendali.

"Kendaraan 'travel' datang dari arah Denpasar menuju Gilimanuk dengan kecepatan tinggi. Begitu sampai di tempat kejadian, kendaraan travel mengalami 'out of control' (hilang kendali)," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Ajun Komisaris Besar Polisi Hengky Widjaja di Denpasar, Minggu (18/6/2017).

Baca juga: Delapan Pemudik Tewas akibat Kecelakaan Maut di Jembrana Bali

Akibatnya, mobil pariwisata jenis Isuzu Elf tersebut oleng dan terbalik ke jalur kanan, kemudian dari arah berlawanan melaju truk tronton DK 9455 WL yang dikemudikan I Putu Sarga dengan muatan semen sebanyak 35 ton sehingga tabrakan tidak terhindarkan.

Kecelakaan tersebut terjadi di sekitar kilometer 121-122 jurusan Denpasar-Gilimanuk di Kawasan Hutan Lingkungan Penginuman, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana sekitar pukul 21.00 Wita.

Hengky menyebutkan, 8 orang penumpang termasuk sopir minibus pariwisata itu meninggal dunia, sedangkan lima orang lainnya mengalami luka-luka.

Petugas terkait menggunakan gergaji listrik untuk memotong bagian depan mini bus tersebut agar dapat mengevakuasi korban yang terjepit karena kondisi kendaraan dengan nomor polisi S 7485 N itu ringsek.

Polisi kemudian melakukan olah perkara di tempat kejadian dan proses evakuasi dilakukan petugas gabungan di antaranya Polsek Gilimanuk, Unit Laka Polres Jembrana, tim SAR dan Puskesmas Gilimanuk.

Korban meninggal dunia yang dievakuasi ke Puskesmas Gilimanuk yakni Suwari, Tohari, Ahmad Aris (sopir mini bus), Ahmad Zaenuri, Jumari, Faris Haryadi, Aris dan satu korban meninggal dunia di RS Negara yakni Abdul Razak yang seluruhnya berasal dari Kecamatan Panti, Jember, Jawa Timur.

Baca juga: Ini Identitas 8 Pemudik yang Tewas dalam Kecelakaan di Jembrana

Sedangkan lima korban luka-luka lain yang merupakan penumpang minibus dirawat di Puskesmas Gilimanuk dan RS Negara.

Petugas kepolisian saat ini masih menyelidiki pemicu kecelakaan tragis tersebut.

Kompas TV Waspada Angkutan Umum Tidak Layak Jalan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com