Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiai Kampung Minta Soekarwo Usung Birokrat sebagai Cawagub Jatim

Kompas.com - 15/06/2017, 05:27 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan kiai yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur datang ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/6/2017) malam.

Mereka mendesak Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang juga Ketua Partai Demokrat Jawa Timur itu mengusung nama birokrat sebagai calon wakil gubernur yang direkomendasi Partai Demokrat.

"Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi Kiai Kampung bahwa perlunya seorang birokrat untuk mendampingi calon gubernur pada pilkada tahun depan, agar kontinuitas pembangunan di Jatim tetap terjaga," kata Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur, KH Fahrur Rozi.

Dia menyebut tiga nama birokrat Pemprov Jatim yang layak menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur. Mereka adalah Wahid Wahyudi (Kepala Dinas Perhubungan), Fattah Jasin (Asisten Pembangunan dan Ekonomi), dan terakhir seorang mantan bupati yang saat ini menjadi anggota DPR RI fraksi Partai Nasdem, Hasan Aminudin.

"Kami berharap Pak Soekarwo mendengarkan aspirasi para kyai kampung ini karena mereka juga warga Jawa Timur yang memiliki hak politik," ucapnya.

Pantauan Kompas.com, para kiai kampung itu hanya duduk-duduk di teras Gedung Grahadi. Sementara pintu gedung sendiri tertutup rapat. Tidak ada satupun perwakilan gedung yang menemui mereka.

Baca juga: Menakar Duet Gus Ipul-Risma di Pilkada Jatim 2018

Gubernur Soekarwo sendiri sedang tidak ada di tempat karena sedang menyambut kedatangan rombongan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono di Stasiun Pasar Turi.

 

Baca juga: AHY Tegaskan Tak Maju di Pilkada Jateng, Jabar, atau Jatim

Kompas TV Dukungan untuk wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengalir dari partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com