Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Gaji dan Uang Bonus, Ratusan Karyawan PTPN 7 Cinta Manis Demo

Kompas.com - 12/06/2017, 19:45 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Ratusan pegawai PT Perkebunan Nusantara 7 (PTPN) Cinta Manis yang berlokasi Kecamatan Lubuk Keliat, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (12/6/201), menggelar aksi unjuk rasa menuntut pembayaran gaji mereka yang sudah dua bulan belum dibayar.

Tidak hanya gaji, mereka juga menuntut pembayaran uang bonus tahun 2015 dan 2016 yang merupakan hak mereka.

Baca juga: Karyawan PTPN VII Cinta Manis Menggelar Aksi Mogok Bekerja

Sebelum menggelar aksi unjuk rasa, ratusan pegawai yang mayoritas pegawai musiman itu melakukan aksi sweeping dengan menelurusi ruangan di sekitar pabrik tebu.

Di ruangan pengemasan, pengunjuk rasa mendapati sejumlah pegawai musiman atau pegawai harian yang masih bekerja, langsung saja mereka diminta keluar untuk berunjuk rasa.

Tidak hanya ruangan pengemasan, pabrik pengolahan tebu juga mereka periksa untuk mencari pegawai yang masih bekerja dan diajak berunjuk rasa.

Aksi pegawai itu mendapat pengawalan dari personel dari Polres Ogan Ilir dan anggota TNI dari Batalion Armed Kompi Batre Rantau Alai.

Bambang Irawan, ketua Dewan Penasihat Serikat Buruh Perkebunan PTPN 7 Cinta Manis mengatakan, aksi mereka hari ini adalah menuntut hak dari jerih payah keringat mereka bekerja, berupa gaji yang belum dibayar, padahal sudah lewat satu bulan 12 hari.

Selain itu, mereka juga menuntut pembayaran uang bonus tahun 2015 dan tahun 2016 karena sudah disetujui direksi dan sudah dianggarkan.

Bambang meminta pihak manajemen memikirkan nasib keluarga pekerja, apalagi sebentar lagi akan merayakan hari raya Idul Fitri.

“Kami mohon pada manajemen agar gaji dan bonus pegawai yang sudah 42 hari dan merupakan hak normatif dari hasil keringat pegawai segera dibayar, apalagi kami tahu uang sudah ada dan sudah disetujui oleh direksi, menteri keuangan dan menteri BUMN untuk dibayar, maka tolonglah pihak menejemen memikirkan nasib anak dan istri pegawai yang juga butuh makan,” kata Bambang.

Baca juga: Di Depan Dirut PTPN XI, Petani Tebu Ungkap Curhat soal Penutupan Pabrik Gula

Asisten Kepala Sumber Daya Manusia Umum PTPN 7 Cinta Manis, Abdul Hamid mengatakan, gaji pegawai yang berunjuk rasa dan yang lainnya akan dibayar pada 15 Juni ini. Uang bonus juga akan dibayar, namun waktunya belum bisa dipastikan.

“Terkait gaji sebenarnya ini gaji pertama mereka di tahun ini, akan kita bayarkan tanggal 15 juni, soal uang bonus tahun 2015 sudah dikoordinasikan dengan bagian keuangan dan akan kita upayakan sesegera mungkin kita bayarkan. Hanya saja sampai sekarang dananya belum tersedia. Jadi kami belum dapat memastikan kapan bous itu akan kita bayarkan,” katanya.

Dalam aksi itu, pengunjuk rasa memasang spanduk bertuliskan tuntutan agar direktur utama dan direktur keuangan PTPN 7 mundur dari jabatannya karena keuanya dianggap sudah berbuat zalim kepada pagawai PTPN 7 Cinta Manis.

Kompas TV Rapat umum pemegang saham Pertamina menyetujui Elia Massa Manik menjadi Direktur Utama baru.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com