Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Terjang Sampolawa, Jalan Terputus dan Rumah Rusak

Kompas.com - 11/06/2017, 21:46 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON SAMPOLAWA, KOMPAS.comBanjir bandang melanda perkampungan warga Lingkungan Mambulu, Kelurahan Jaya Bakti, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi tenggara.

Akibat banjir bandang tersebut, jalan tani penghubung Lingkungan Mambulu dan Lingkungan Todombulu terputus dan satu unit rumah mengalami kerusakan parah.

"Tidak ada korban jiwa, hanya satu kios jualan rusak berat ini diterjang air itu dari gunung," kata Kapolsek Sampolawa Iptu Muhammad Saad, Minggu (11/6/2017).

Ia menjelaskan, banjir bandang tersebut terjadi akibat volume air dari penampungan air di lembah di atas gunung meningkat dan akibat hujan yang terus mengguyur Buton Selatan.

Volume air yang meningkat mengakibatkan penampungan air tersebut jebol. Air kemudian dengan deras mengalir bersama material batu dan kayu menimpa rumah warga Lingkungan Mambulu.

"Sebenarnya ada saluran pembuangan dari penampungan itu langsung ke laut, hanya karena ada pekerjaan jalanan, jadi tertutup pembuangannya, jadi volume air meningkat," ujarnya.

Banjir bandang tersebut menimpa rumah warga di Lingkungan Mambulu. Warga pun menjadi panik dan langsung lari menyelamatkan diri dari terjangan banjir tersebut.

Menurut Saad, walaupun diterjang banjir bandang, warga Lingkungan Mambulu masih bertahan bermalam di rumahnya masing-masing.

Kompas TV Banjir Bandang Lumpuhkan Kota Tolitoli
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com