Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Blanko E-KTP Ditargetkan Rampung Oktober 2017

Kompas.com - 09/06/2017, 18:46 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan proses cetak blanko e-KTP sudah selesai.

"Cetaknya sudah selesai," ujar Tjahjo Kumolo saat ditemui seusai melepas mahasiswa KKN PPM UGM Periode Antar Semester Tahun 2017 di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP), Jumat (9/6/2017).

Tjahjo menyampaikan, setelah selesai cetak, blanko e-KTP akan langsung didistribusikan. Proses pendistribusian dilakukan bertahap. "Distribusinya bertahap, lah yang menjadi problem ini daerah, sumber daya manusia yang belum optimal," tegasnya.

(Baca juga: Harga Bahan Baku Plastik E-KTP Cuma Rp 628, Dijual Rp 16.000)

 

Ia menargetkan, pendistribusian blanko e-KTP akan selesai bulan Oktober 2017 mendatang. Menurutnya, ada 4,2 juta warga yang saat ini masih memegang surat keterangan (Suket) dan akan segara memiliki e-KTP.

"Mohon maaf lah, satu setengah tahun karena hampir seratus staf kami mulai ekselon satu sampai empat, harus bolak-balik di panggil KPK. Jadi kalau terhambat itu wajar, tapi ini sudah selesai," pungkasnya. 

(Baca juga: Kembangkan Teknologi E-KTP, Kemenristek Dikti Libatkan Empat Universitas)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com