Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit di Ambon Tergenang Banjir, Sejumlah Pesien Dievakuasi

Kompas.com - 09/06/2017, 06:04 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebuah rumah sakit di kawasan Passo, Kecamatan Baguala Ambon, RS Otto Kwik ikut terendam banjir setelah hujan deras mengguyur ibu kota provinsi Maluku itu, Kamis malam (8/6/2017).

Hujan yang terus turun sepanjang sore hingga malam itu membuat air langsung masuk ke rumah sakit tersebut. Akibatnya, sejumlah pasien yang ada di lantai satu harus dipindahkan oleh petugas medis ke tempat yang lebih aman.

“Airnya masuk sampai ke dalam ruangan, ada beberapa pasien yang terpaksa dievakuasi tadi,” kata Diana Maitimu, salah seorang warga Passo yang berada di rumah sakit tersebut saat dihubungi, Kamis malam.

Baca juga: Banjir di Beberapa Titik di Ambon Meninggi, Warga Mengungsi

Dia menjelaskan, kejadian itu membuat petugas medis dan keluarga pasien kepanikan. Mereka lalu saling membantu untuk memindahkan pasien dan juga barang-barang yang ada di rumah sakit tersebut ke tempat yang aman.

“Semua di sini panik karena air terus masuk ke dalam rumah sakit,” ujarnya.

Dia mengaku, untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah petugas rumah sakit sempat menggunakan mesin penyedot air untuk mengeluarkan genangan air yang terus bertambah di rumah sakit tersebut. Sementara sejumlah petugas lainnya mengangkat barang-barang yang ada di rumah sakit itu.

“Tadi mereka (petugas) pakai mesin pompa air untuk mengeluarkan genangan air,” katanya.

Hujan deras mengguyur kota Ambon menyebabkan banjir di beberapa titik seperti di kawasan Cokro, Desa Waiheru dan Skipserta serta beberapa kawasan lainnya.

Baca juga: Seorang Ibu Rumah Tangga Tewas Tertimbun Longsor di Ambon

Di beberapa jalan utama di kota Ambon juga tergenang banjir seperti di Jalan AY Patty, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sultan Hasanudin dan beberapa jalan lainnya.

Kompas TV Banjir Rob Masih Genangi Terminal Terboyo Semarang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com