Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jenazah Kapal Tenggelam di Perairan Lingga Ditemukan

Kompas.com - 04/06/2017, 12:44 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua dari tiga korban yang hilang akibat tenggelamnya Kapal Trawl di perairan Tanjung Dato Lingga, ditemukan dalam keadaan tewas. Kapal ini sebelumnya tenggelam dihantam gelombang tinggi.

Kedua jenazah ditemukan tim Search and Rescue (SAR) gabungan yang melibatkan TNI Angkatan Laut dan Basarnas. Menurut Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno, kedua korban tewas yang ditemukan bernama Jumadi dan Nong.

"Dari keterangan Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto identifikasi sementara kedua jenazah berdasarkan ciri-ciri fisik dapat dipastikan bahwa kedua jenazah atas nama Jumadi dan Nong," kata Eko Suyatno, melalui keterangan tertulis, Minggu (4/6/2017).

Pihak petugas sempat menemui kendala mengidentifikasi korban karena kondisi kedua mayat sudah membengkak. Namun, berdasarkan ciri-ciri yang diberikan keluarga akhirnya keduanya dapat diidentifikasi.

Korban pertama ditemukan mengapung pada posisi 00 00.68'S-104 17.18'T oleh Patkamla Cempa, Sabtu (3/6/2017) pukul 10.50. Hanya berselang dua jam pada pukul 12.50 tim kembali menemukan jasad ke dua tidak jauh dari lokasi penemuan jasad pertama pada posisi 00 00.46'U-104 16.81'T.

(Baca: Dihantam Gelombang, Kapal Tenggelam di Perairan Lingga, 3 Hilang)

Sampai saat ini, Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Cempa bersama Tim SAR gabungan masih terus melaksanakan pencarian lanjutan terhadap 1 korban lagi yang belum ditemukan atas nama Madi dilokasi yang sama.

“Dari total korban 3 orang sudah berhasil ditemukan jenazahnya 2 orang atas nama Jumadi dan Nong sedangkan yang belum ditemukan 1 orang atas nama Madi, pihak tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melaksanakan pencarian satu korban namun terkendala faktor cuaca, tim SAR gabungan terus melaksanakan pencarian," ujarnya.

Seperti diberitakan, kapal tanpa nama milik Akeng asal Pasir Panjang di perairan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, tenggelam di perairan Lingga, Kamis (1/6/2017). Diduga, kapal tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi yang melanda perairan tersebut.

Kapal tersebut ditemukan dalam posisi tenggelam dengan haluan kapal timbul di atas permukaan air pada posisi 00 03' 50" S-104 24' 47" T sekitar perairan Tanjung Datok. Tiga orang awak kapal, Jumadi, Madi dan Nong, jadi korban akibat kejadian ini. Madi hingga kini belum ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com