Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Optimistis Dapat Banyak Dukungan Usai Lebaran

Kompas.com - 03/06/2017, 15:45 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan bahwa usai Lebaran nanti akan banyak dukungan untuknya agar maju dalam Pilkada Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut sebelumnya telah mendeklarasikan diri maju dalam Pilkada Jawa Barat, namun baru diusung Partai Nasdem.

"Insya Allah setelah lebaran. Banyak keputusan terkait pendukungan pada saya," kata Kang Emil saat ditemui di kantor DPC PPP Kabupaten Garut di Jalan Pembangunan Sabtu (03/06/217).

Menurut Emil, dengan dukungan yang lebih awal, maka proses sosialisasi ke masyarakat Jawa Barat bisa dilakukan lebih awal dan tidak terlalu mepet.

Meski telah mengantongi dukungan dari Partai Nasdem, Kang Emil tidak akan memaksakan diri mencalonkan menjadi calon gubernur jika elektabilitasnya dianggap rendah oleh partai lain.

Selain itu, Emil pun terus membuka komunikasi dengan semua partai politik untuk bisa meraih dukungan.

"Sedang diupayakan di semuanya, masih berproses ya. Ada yang merespons baik seperti Pak Romy (Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy), ada juga yang masih perlu waktu," kata Emil.

Menurut Emil, demokrasi dalam pilkada ditentukan faktor elektabilitas. Ini pula yang jadi modal bagi dirinya maju dalam Pilkada Jawa Barat.

"Ya modal saya itu, kalau elektabilitas saya kurang baik ya saya tahu diri. Kalau memadai ya tidak salahnya mengusulkan posisi yang pertama," kata dia.

Kompas TV Ridwan Kamil menyatakan, hingga saat ini hanya Partai Nasional Demokrat yang secara resmi menyatakan dukungan kepada dirinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com