Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Stasiun di Jateng Siap Tampung Motor Pemudik yang Diangkut Kereta Api

Kompas.com - 03/06/2017, 09:56 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang menyiapkan lima stasiun untuk menampung motor-motor pemudik yang diangkut gratis melalui jasa kereta. Lima stasiun tersebar mulai dari Tegal hingga Cepu (Blora).

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semadang Edi Kuswoyo mengatakan, layanan mengangkut motor gratis dilakukan saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Layanan angkut motor juga telah dilakukan pada tahun sebelumnya. Untuk jadwal mengangkut ketika mudik yaitu 18-23 Juni 2017. Sementara arus balik pada 29 Juni 2017 sampai 5 Juli 2017.

"Kami siapkan lima stasiun di daerah kami. Ini tambah satu stasiun dari tahun sebelumnya empat stasiun," kata Edi, Sabtu (3/6/2017).

(Baca juga: Pemudik Bisa Titipkan Kendaraannya di Kantor-kantor Polisi)

Lima stasiun yang disiapkan seluruhnya berada di jalur lingkar utara pulau Jawa. Stasiun ini antara lain Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo (Grobogan) dan Cepu (Blora).

Edi mengatakan, layanan angkut motor melalui kereta ini bisa membantu pemerintah mengurangi angka kemacetan, terutama pengendara motor di lintas darat.

"Ini bisa membantu sekali," kata dia.

Bagi pemudik, diperlukan beberapa syarat untuk menitipkan layanan ini secara gratis. Syarat itu antara lain mempunyai STNK, KTP, KK, motor tidak boleh modifikasi, serta syarat teknis yang lain.

"Kaca spion juga wajib dilepas," ujarnya.

 

Kompas TV Sistem Buka Tutup akan Berlaku di Tol CIpali
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com