Puluhan Ribu Bibit Lobster Dilepasliarkan di Pantai Bangsring

Kompas.com - 02/06/2017, 20:51 WIB
Pelepasliaran 30.600 bibit lobster di kawasan wisata konservasi Bangsring Under Water Banyuwangi Jumat (2/6/2017) Humas Bangsring Under WaterPelepasliaran 30.600 bibit lobster di kawasan wisata konservasi Bangsring Under Water Banyuwangi Jumat (2/6/2017)
|
EditorErlangga Djumena

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Sebanyak 30.600 bibit lobster senilai Rp 214 juta dilepasliarkan di Bangsring Under Water kawasan wisata konservasi Jumat (2/6/2017).

Ribuan bibit lobster tersebut diamankan pada kamis malam dari rumah salah seorang penadah di Kecamatan Purwohajo Banyuwangi. Setiap bibit lobster ukurang kurang dari 2 sentimeter dihargai Rp 7.000.

"Kami masih belum tau akan dikirim kemana ribuan bibit ini. Masih pengembangan. Hanya tadi malam kita amankan dari salah satu rumah di kecamatan Purwohajo dan hari ini kami lepas liarkan di Bangsring," jelas Rastra, salah satu petugas dari Polres Banyuwangi yang ikut pelepasliaran bibit lobster di Pantai Bangsring.

Sementara itu, Ikhwan Arif, Ketua Kelompok nelayan Samudera Bakti kepada Kompas.com menyebutkan, kawasan Bangsring under water beberapa kali dijadikan tempat untuk melepasliarkan bibi lobster hasil tangkapan dari Polres Banyuwangi.


"Untuk tahun ini sudah dua kali pelepasan. Sebelumnya pada bulan April tahun 2107 ada sekitar 6.000 yang dilepas. Sedangkan yang sekarang jumlahnya lebih banyak. Untuk ukuran bibitnya kurang 2 sentimeter dan kita lepas di tengah laut menggunakan perahu katamaran," ujar dia,

Ia mengatakan, ada 15 hektar perairan di kawasan Bangsring Under Water yang menjadi kawasan konservasi. Di kawasan tersebut nelayan dan masyarakat dilarang menangkap ikan dengan cara apapun, termasuk dengan pancing atau jala.

" Lobster yag dilepasliarkan disini akan berkembang baik selain kondisi perairannya yang bagus, di sini juga dilarang menangkap ikan dengan cara apapun,"  sebutnya.

Baca juga:  Digagalkan, Pengiriman 34 Lobster Bertelur dari Semarang ke Jakarta

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X