Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jatim, PKB Berharap Gus Ipul Didampingi Cawagub dari PDI-P

Kompas.com - 01/06/2017, 21:56 WIB
Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap PDI Perjuangan bersedia berkoalisi pada Pilkada Jawa Timur 2018. Adapun PKB sudah mengusung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai calon gubernur Jatim, dan berharap PDI-P bersedia mengusung calon wakil gubernurnya.

Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar mengatakan, komposisi koalisi paling ideal untuk Jawa Timur adalah PKB dan PDI-P, karena mewakili dua kultur dominan di Jawa Timur yakni religius dan nasionalis.

"Potret peta politik Jawa Timur ya dua partai ini, yakni PDI-P dan PKB," kata Halim, saat mengantar Gus Ipul mendaftar sebagai cagub di kantor PDI-P Jawa Timur, Kamis (1/6/2017).

(baca: Nasdem Pertimbangkan Khofifah dan Gus Ipul untuk Pilkada Jatim)

Kedua partai politik itu juga memiliki modal politik yang lebih dari cukup di DPRD Jawa Timur. PKB sebagai partai pemenang pemilu 2014 di Jawa Timur memiliki 20 kursi, dan PDI-P memiliki 19 kursi.

Di internal PDI-P Jawa Timur, sampai saat ini santer menyebut dua figur yang akan disiapkan sebagai calon wakil gubernur Jatim, yakni Ketua DPD PDI-P Jawa Timur Kusnadi, dan Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Kompas TV Kandidat yang diunggulkan adalah Saifullah Yusuf, yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com