Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bripka Ase Ingin Majukan Masa Depan Anak-anak

Kompas.com - 31/05/2017, 21:35 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak hanya terkenal karena kebaikannya, anggota polisi lalu lintas Polsek Pacet, Ciajur, Jawa Barat Bripka Ase Kusmana (54) juga peduli terhadap pendidikan.

Bripka Ase ternyata membangun sekolah taman kanak-kanaknya sendiri di lingkungan sekitar rumahnya.

Saat diwawancarai Kompas.com, Rabu (31/5/2017), Bripka Ase mengatakan Taman Kanak-kanak tersebut dibangunnya sekitar 6 tahun lalu. Ia membangun TK tersebut di sekitar tempat tinggalnya di Kampung Buniwangi, Cianjur.

Baca: Bripka Ase, Polantas Legendaris di Cianjur yang Viral Karena Pengabdiannya

 

Ia mengaku, niatnya membangun TK ini karena peduli terhadap pendidikan anak-anak.

“Pertama karena ingin memajukan masa depan anak-anak, dan kebetulan istri saya guru TK,” kata dia.

TK yang didirikan Bripka Ase tersebut berbentuk bangunan dua lantai denga halaman yang menurutnya tidak terlalu luas. Saat ini ada sekitar 20 anak murid di TK nya tersebut.

Bripka Ase mengatakan, biaya sekolah bagi anak-anak di TK nya ini terjangkau. Untuk masuk pertama kali, dikenakan uang pangkal Rp 500.000 termasuk tiga sampai empat seragam sekolah dan buku paket. Sedangkan biaya perbulannya kurang lebih Rp 50.000.

“Memang buat orang-orang terjangkau, karena saya menyesuaikan dengan lingkungan,” ujar Bripka Ase.

Secara terpisah, Kepala Polres Cianjur Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Arief Budiman mengapresiasi sosok anak buahnya yang terkenal karena kebaikan membantu dan melayani masyarakat.

Baca: Bripka Ase Tak Menyangka Ia Dikenang Karena Bantuannya Menyeberangi Jalan

 

Arief mengatakan, hari ini dia menyerahkan reward kepada Bripka Ase atas teladannya berupa kursi untuk keperluan di ruangan TK milik Bripka Ase.

“Ya kebetulan dengan anggota saya bantu-bantu reward-lah sedkit karena kebetulan beliau punya sekolah TK. Jadi saya bantu dengan anggota sama-sama memberikan sumbangan sedikit buat TK nya,” ujar Arief.

Nama Bripka Ase mendadak viral di media sosial. Anggota Polisi Lalu Lintas Polsek Pacet, di Cianjur, Jawa Barat tersebut ternyata dikenal banyak orang sebagai polisi yang baik.

Dia dinilai kerap membantu warga dan berdedikasi dalam menjalankan tugas. Sudah sekitar 29 tahun, Bripka Ase bertugas di Cipanas, Cianjur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com