Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Maju Pilkada Jatim, Kakak Kandung Cak Imin Legowo

Kompas.com - 31/05/2017, 14:40 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Abdul Halim Iskandar, mengaku legowo dengan keputusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang batal mengusung dirinya sebagai cagub Jawa Timur dalam pilkada 2018.

PKB atas usulan para ulama Nahdatul Ulama (NU), akhirnya memilih Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon gubernur yang akan diusung.

(Baca juga: Muhaimin: PKB Segera Deklarasikan Pencalonan Gus Ipul untuk Pilkada Jatim)

 

Kakak Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu menyebut, mundurnya dirinya dari pencalonan sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang selama ini membesarkan PKB.

"Ini bentuk hormat kami kepada para ulama, yang juga punya peran menentukan arah politik PKB," jelas Ketua DPW PKB Jawa Timur ini, Rabu (31/5/2017).

Bagi dirinya, batal maju di pilkada Jawa Timur adalah dinamika politik yang biasa menimpa politisi dan partai politik. "Yang penting sekarang bagaimana keputusan partai untuk mengusung Gus Ipul tersosialisasikan kepada seluruh kader PKB di Jawa Timur," ujarnya.

(Baca juga: Soal Pilkada Jatim, Puluhan Kiai Pesantren Kirim Surat ke PKB Jatim)

Abdul Halim Iskandar yang juga menjabat Ketua DPRD Jawa Timur itu setahun terakhir gencar menyosialisasikan dirinya sebagai calon gubernur Jawa Timur, dengan brand politik "Pak Halim".

Dia juga gencar menyosialisasikan jargon politik "Holopis Kuntul Baris" melalui berbagai media dan alat peraga yang tersebar di Jawa Timur. 

Kompas TV Kandidat yang diunggulkan adalah Saifullah Yusuf, yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com