5 Berita Populer Nusantara: Kumpulan Status Afi yang Viral di Media Sosial hingga Gempa Poso

Kompas.com - 31/05/2017, 09:35 WIB
KOMPAS.com/Mansur Ratusan pasien dan petugas kesehatan berhamburan keluar dari RSUD Poso saat gempa terjadi di wilayah tersebut, Senin (29/5/2017) malam.

KOMPAS.com - Nama remaja asal Banyuwangi, Asa Firda Nihaya, tenar karena pemikirannya tentang keberagaman. Pemilik akun Afi Nihaya Faradisa di media sosial ini kerap menyuarakan pentingnya keberagaman dan toleransi, juga pendidikan melalui akun miliknya.

Kompas.com merangkumkan sejumlah pemikirannya yang dituangkan dalam status-status Facebook miliknya hingga viral dan menuai pro dan kontra.

Masih dari dunia maya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunggah foto bersama seorang pria yang mirip dengannya di akun Instagram miliknya. Foto itu juga menuai ribuan respons.

Sementara itu, di Poso, Sulawesi Tengah, gempa bermagnitudo 6,6 mengguncang, kemarin pagi. Warga luka-luka dan ratusan rumah rusak. Berita-berita ini menjadi pilihan pembaca sepanjang hari kemarin.

Berikut ini selengkapnya 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Ini Status-status Afi yang Viral di Dunia Maya

Akun Afi Nihaya Faradisa milik Asa Firda Nihaya mendadak menjadi viral di dunia maya. Setiap status yang ditulis gadis berusia 18 tahun asal Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi langsung dibagikan oleh ribuan pengikutnya.

Berikut penyataan-pernyataan yang ditulis Afi di status facebooknya

1. Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan. Kewarganegaraan saya warisan, nama saya warisan, dan agama saya juga warisan.

Pernyataan tersebut di tulis Asa dengan judul "Warisan" pada 15 Mei 2017 pukul 10.21 WIB dan telah dibagikan sebanyak 74.091 kali oleh netizen dan ditanggapi sebanyak 131.000 kali dengan 17.000 komentar.

Setelah menulis status tersebut, akun Afi Nihaya Faradisa sempat tidak bisa diakses kurang dari 24 jam.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Afi Pilih Putus dengan Pacar karena Tak Dukung Keberagaman


2. Berfoto Bareng "Kembarannya", Ridwan Kamil Harap Istrinya Tak Salah Gandeng

Wali Kota Bandung Ridwal Kamil memajang foto seseorang yang mirip dengan dirinya di akun Instagram-nya, @ridwankamil.

Postingan tersebut menarik perhatian netizen. Hingga pukul 12.50 WIB, sudah ada 112.350 warganet yang menyukai unggahan foto Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. Adapun yang mengomentari foto itu lebih dari 3.000 orang.

Dalam status di kiriman foto tersebut, suami Atalia Praratya ini berharap sang istri tidak salah menggandeng pasangan karena kemiripan dari keduanya. Begini isi status Emil:

"Menurut google, secara acak minimal 7 manusia di dunia ini tidak sengaja mirip kita. Ini contohnya. Jika ada lomba mirip ridwan kamil kelihatannya saya sendiri akan kalah oleh @kangmalik_ . terus nama Kamil dan Malik, hurufnya juga sama semua. *Semoga si cinta tidak salah gandeng," tulis Ridwan Kamil, seperti dikutip dari akun Instagramnya, Selasa siang.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Ini Alasan Ridwan Kamil Sering Siarkan Kegiatan lewat Instagram Live


3. BNPB: Ini Gempa Poso Terbesar Selama 20 Tahun Terakhir

Gempa bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang kota Poso,Sulawesi Tengah. Selain melukai sejumlah warga, gempa bumi yang terjadi Senin malam (29/5/2017) sekitar pukul 22.35 Wita ini merusak sejumlah bangunan tua dan jembatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Poso, Masdian Mentiri mengatakan, gempa kali ini merupakan gempa terbesar selama 20 tahun terakhir. Karena itu, warga Poso menjadi panik.

"Gempa terbesar dalam kurun waktu 20 tahun. Kami mengimbau agar warga tidak panik dan tetap tenang, mengingat gemba tersebut tidak berpotensi tsunami," ujar Masdian, Senin malam (29/5/2017).

Masdian menyampaikan, gempa yang berpusat di daratan Desa Wuasa, Kecamatan Pmona Timur dengan kedalaman 10 kilometer ini tidak hanya dirasakan warga Poso. Gempa juga dirasakan di Torue kabupaten Parigimoutong, Palu, Toli-Toli, Gorontalo hingga Kalimantan.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Korban Gempa Poso: Saya Sudah Tidak Berharap Hidup Lagi


4. Gempa Poso Sebabkan Jalan Retak dan Mengeluarkan Asap Berbau Belerang

Gempa bumi berkekuatan 6,6 SR di Poso, Senin (29/5/2017), menyebabkan sejumlah warga luka-luka saat hendak menyelamatkan diri. Selain itu, gempa membuat jalan retak sepanjang 4 meter dan mengeluarkan asap berbau belerang.

"Memang banyak kerusakan. Selain bangunan dan jembatan banyak yang retak, kami juga mendapat laporan ada jalan yang retak dan mengeluarkan asap belerang,’’ ungkap Kepala BNPB Poso, Masdian Mentiri kepada Kompas.com, Senin (29/5/2017).

Masdian mengatakan, laporan keretakan jalan diperolehnya dari Kapolsek Pamona Timur sesaat setelah terjadi gempa susulan

Akibat retakan jalan disertai kepulan asap berbau belerang tersebut, warga sempat panik dan menjauh dari lokasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Takut Tsunami, Korban Gempa Poso Sempat Mengungsi


5. Hadiah 4 Bayi Kembar untuk Sari pada Awal Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan 1438H/2017 menjadi bulan yang paling membahagiakan bagi pasangan Sari Nuryani (25) dan Suprihatin (30), warga Kampung Tidar Dudan, RT 3 RW 12, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Betapa tidak, di bulan suci ini mereka dikaruniai bayi kembar empat sekaligus.

Sari, sang ibu, tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya meski masih dalam kondisi lemah setelah melahirkan secara caesar di RS Bersalin Gladiool, Kota Magelang.

Ia terus mengucap syukur ketika berbincang dengan Kompas.com di kamar bangsal Mawar II rumah sakit tersebut, Senin (29/5/2017).

"Kami tidak berharap apa pun kecuali diberi kesehatan, semua bayi kami normal dan sehat, Alhamdulillah," ujar Sari.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Rp 300 Juta untuk Bayi Kembar Devina-Devani

 

 

 



EditorCaroline Damanik

Close Ads X