Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rendam Rumah 1 Meter di Padang, Warga Dievakuasi

Kompas.com - 31/05/2017, 08:03 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Warga yang terkena dampak banjir Jondul, Kelurahan Rawang, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai dievakuasi dari rumah masing-masing ke gedung perkantoran yang aman.

"Air dalam rumah mencapai ketinggian satu meter. Sementara di jalan ketinggiannya lebih dari satu meter," kata salah seorang warga yang dievakuasi Andri Dermawan, di Padang, Rabu (30/5/2017).

Warga RW 14, Rawang, Padang Selatan ini, dievakuasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, bersama enam anggota keluarganya. Tak hanya Andri. Beberapa orang warga lainnya juga dievakuasi dengan menggunakan perahu karet.

Untuk sementara, korban banjir tersebut dievakuasi ke gedung Kantor dan Operasional Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur BMKG hingga dibangun tenda darurat.

(Baca juga: Banjir Landa Padang, Ketinggian Air Capai 1 Meter)

Hingga pukul 04.33 WIB, satu unit perahu masih terus melakukan evakuasi ke rumah-rumah warga. Ketinggian air yang melebihi satu meter membuat jalan sulit diakses dengan jalan kaki.

Berita sebelumnya, banjir disebabkan hujan yang mengguyur daerah itu sejak Rabu dinihari sekitar pukul 00.00 WIB. Hingga pukul 03.58 WIB, hujan terus mengguyuri dan ketinggian air terus naik. Salah satu penyebab banjir di daerah itu karena dataran rendah dan berada di kaki bukit.

(Baca juga: ?Saya Mau Ambil Barang, tetapi Rumah Sudah Roboh karena Banjir?)

Hingga berita diturunkan belum ada keterangan resmi dari BPBD berapa titik banjir yang terjadi di daerah setempat. Namun di antaranya adalah Tunggul Hitam, Jalan Kopertis X.

Sementara sejumlah ruas jalan sudah digenangi air sejak pukul 01.30 WIB. Seperti Jalan Raden Saleh, Ahmad Yani, Jalan Kampung Nias, Jalan Sutan Syahrir, dan lainnya.

Kompas TV Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung 2 Kecamatan Putus
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com