Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afi: Saya Bisa Marah, Menangis, Takut...

Kompas.com - 30/05/2017, 04:29 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, Asa Firda Nihaya, pemilik akun Facebook Afi Nihaya Faradisa, menjadi pembicaraan setelah tulisan-tulisannya di media sosial viral. Tanggapan positif, maupun negatif hingga ancaman pun diterimanya.

Menanggapi berbagai tanggapan itu, Afi mengaku harus pandai-pandai mengendalikan emosinya.

"Saya ini hanya manusia yang sangat-sangat biasa bukan malaikat. Saya bisa marah, menangis, takut dan segenap emosi manusiawi lainya," ujar Afi saat menjadi pembicara di acara Talkshow Kebangsaan bertajuk "Saya Indonesia, Saya Pancasila" di Auditorium Lt. 4 Fisipol UGM, Senin (29/5/2017).

Afi menuturkan, ketika dirinya di menjadi pembicara, termasuk di UGM tentu banyak pihak yang beranggapan bahwa dirinya hebat. Tetapi sebenarnya dirinya hanyalah anak remaja yang sama seperti halnya lainya.

Baca juga: Dari Nama Asa Menjadi Afi...

"Tampil di sini mungkin diglorifikasi, oh anak ini hebat, padahal saya hanya anak remaja biasa, yang juga ngerti pacaran. Tetapi yang membedakan hanya keinginan berkontribusi dengan apa yang bisa saya lakukan," ucapnya.

Ia mengatakan, respons atas tulisannya di media sosial berbagai macam, mulai tanggapan positif , negatif hingga menyerang pribadi bahkan ancaman. Namun Afi mengaku mempunyai cara untuk mengendalikan emosinya.

"Biasanya saya meditasi untuk me-manage emosi, lalu melakukan perenungan. Saya juga membaca buku cara me-manage emosi," urainya.

Menurut dia merasa marah atau takut itu hal yang manusiawi. Sebab, manusia tidak bisa menjadi hebat sepanjang waktu.

"Enggak apa-apa merasa marah, merasa takut itu manusiawi, kita tidak harus hebat sepanjang waktu. Itu membuat kita manusiawi," ucapnya.

Baca juga: Cerita Afi yang Jadi Admin Grup Pembongkar Hoax...

Kompas TV Tulisan yang menjadi perhatian berjudul warisan yang ditulis Afi di halaman muka akun Facebooknya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com