Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afi: Kalau Punya Uang, Saya Memilih Beli Buku daripada Beli Baju

Kompas.com - 29/05/2017, 17:02 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Budaya menulis Asa Firda Nihaya, pemilik akun Facebook Afi Nihaya Faradisa, sudah dilakukan sejak Sekolah Dasar (SD).  Remaja yang tulisannya viral di media sosial ini mengawalinya dengan menulis buku harian.

"Saya memang suka buku. Kalau punya uang daripada beli baju atau kosmetik saya lebih memilih beli buku," ucap Afi saat menjadi pembicara di acara Talkshow Kebangsaan bertajuk "Saya Indonesia, Saya Pancasila" di Auditorium Lt. 4 Fisipol UGM, Senin (29/5/2017).

Afi menyebutkan, dirinya memang tinggal di daerah pelosok yang jauh dari kota. Namun dia merasa beruntung karena sekolahnya memiliki perpustakaan yang terbilang lengkap.

"Saya membaca buku dari SD di perpustakaan sekolah. Saya beruntung sekolah di perpustakaan yang bisa sewaktu-waktu dimasuki, dan saya banyak menghabiskan waktu di sana," bebernya.

Selain membaca lanjut dia, dirinya juga sudah menulis sejak kecil.  "Saya dari menulis buku diary, yang sekarang kira-kira ada lebih dari 500 lembar," kata dia.

Menurut Afi, jika pembacanya menilai bahwa tulisan dia sistematis dan logikanya runtut, hal itu karena proses latihan yang ditekuninya sejak kecil.

"Tidak ada yang mengalahkan latihan. Kebiasaan pun dimulai dari latihan," ucap dia.

Baca juga: Afi: Saya Tidak Hanya Membaca...

Kompas TV Tulisan yang menjadi perhatian berjudul warisan yang ditulis Afi di halaman muka akun Facebooknya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com