Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing Pantai Selatan di Gunungkidul Berpotensi Longsor

Kompas.com - 29/05/2017, 10:39 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasca longsor di bukit Pantai Ngungap, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (27/5/2017) malam, saat ini masih terdapat rekahan yang memanjang puluhan meter dan berpotensi longsor.

"Kemarin petugas kami memantau menggunakan drone, dan terlihat ada retakan yang cukup panjang," ujar Koordinator SAR SAT Linmas Korwil II Gunungkidul Marjono saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/5/2017).

Untuk mengantisipasi korban jiwa, pihaknya sudah memasang rambu rawan longsor dan garis polisi. Selain itu, beberapa petugas SAR menjaga pintu masuk ke Bukit Ngungap.

"Jangan sampai ada warga atau wisatawan masuk ke lokasi," ucapnya.

(Baca juga: Tebing Pantai Ngungap Longsor, Terumbu Karang Rusak)

 

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengaku akan segera memasang rambu tambahan agar wisatawan tidak masuk ke bukit Pantai Ngungap. "Untuk sementara kita pasang spanduk dulu, nanti akan kita pasang rambu permanen," ucapnya.

Hary menjelaskan, 2015 lalu, tebing Pantai Sadranan roboh dan menewaskan 4 orang wisatawan dan belasan lainnya luka-luka. Setelah kejadian itu, ia intens melakukan komunikasi dengan ahli geologi.

Para ahli menyatakan, kawasan pantai selatan merupakan terumbu karang dengan batuan lunak dan mudah larut jika terkena ombak. Hal inilah yang memicu seringkali terjadi longsoran di tebing karst pantai Selatan.

"Saat peristiwa sadranan kemarin, kita sudah melakukan diskusi dengan ahli geologi yang menyebutkan zona selatan kawasan karst pantai memiliki potensi runtuh," ulasnya.

(Baca juga: Tebing Pantai Ngungap Gunungkidul Longsor, Tempat Wisata Ditutup)

 

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban, pihaknya sudah memasang puluhan rambu peringatan agar wisatawan tidak berteduh di bawah tebing. Namun pihaknya memastikan kawasan pantai selatan aman dikunjungi wisatawan.

Wisatawan pun diminta tidak khawatir selama mematuhi rambu yang ada."Tahun lalu kita memasang 50-an titik dan kita akan berkoordinasi dengan BPBD untuk memasang rambu tambahan," tutupnya. 

Kompas TV 2 Korban Longsor Luwu Masih Dirawat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com