Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pulau Menyebrang ke Makassar Demi Stok Sembako Ramadhan

Kompas.com - 26/05/2017, 21:30 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sehari menjelang bulan suci Ramadhan, warga yang berdomisili di pulau-pulau kecil di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, berbondong-bondong menyebrangi lautan. Mereka membeli stok bahan pokok untuk kebutuhan awal bulan Ramadhan.

Kebutuhan awal Ramadhan tersebut harus dibeli hari ini, Jumat (26/5/2017). Sebab, sepekan di awal Ramadhan biasanya tidak ada angkutan penyebrangan yang beroperasi. 

Tak hanya untuk kebutuhan pokok dirinya dan keluarga. Sebagian dari mereka mempersiapkan kebutuhan bahan pokok untuk diperjual belikan selama awal Ramadhan.

Adapun jarak pulau-pulau di wilayah Makassar tersebut bervariasi antara 5 mil hingga10 mil atau 1-2 jam berjalanan.

"Karena selama seminggu, tidak ada kapal penyebrangan di awal Ramadhan. Jadi kita membeli stok di kota Makassar," kata salah seorang warga Pulau Kodingareng, Faisal Wahab saat ditemui di Pelabuhan Kayu Bangkoa Jalan Pasar Ikan Makassar, Jumat (26/5/2017).

(Baca juga: Saat Karpet Diganti Baru dan Masjid Dibersihkan, Selamat Datang Ramadhan...)

 

Banyaknya warga pulau-pulau ke Kota Makassar menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa angkutan penyebrangan. Setiap hari, biasanya mereka mengangkut 20 orang, namun menjelang Ramadhan bisa mengangkut 80 orang sekali berlayar.

"Tarif angkutan sekali berlayar hanya Rp 15.000 per orang. Kalau jelang Ramadhan, penyedia jasa angkutan penumpang ke pulau-pulau di Makassar mengalami kenaikan. Karena selama seminggu di awal Ramadhan, tidak ada kapal yang beroperasi," kata pengemudi kapal, Basir.

(Baca juga: Tradisi Unduh-unduh Ikan Menjelang Ramadhan di Gunungkidul)

 

Basir mengungkapkan, lonjakan penumpang dari pulau-pulau ke kota Makassar akan kembali tinggi pada pertengahan Ramadhan. Warga pulau-pulau kembali ke Kota Makassar untuk membeli kebutuhan pokok dan kebutuhan hari raya Idul Fitri.

Kompas TV Pemerintah melalui Kementerian Keagamaan menetapkan awal bulan 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com