Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Karpet Diganti Baru dan Masjid Dibersihkan, Selamat Datang Ramadhan...

Kompas.com - 26/05/2017, 18:39 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Berbagai masjid dan mushala di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggelar tradisi Mapaccing atau membenahi tempat ibadah menjelang Ramadhan tiba, Jumat (26/5/2017) pagi.

Bersih-bersih dilakukan karena tempat tersebut akan digunakan untuk shalat tarawih berjamaah selama sebulan penuh.

Tradisi Mappaccing dilakukan dengan cara membersihkan dan mengepel tempat ibadah, membenahi sound system dan pendingin ruangan, mencuci atau mengganti karpet baru hingga mengganti mimbar khusus untuk ceramah Ramadhan.

Masjid Jami’at Taqwa Kediri di Kecamatan Wonomulyo misalnya menggelar tradisi Mappacing, Jumat pagi. Bergotong royong, warga dan pengurus membersihkan masjid, mulai dari mencuci dan mengepel lantai masjid hingga mengganti karpet-karpet yang sudah tua dan rusak dengan karpet yang baru.

Tak hanya itu, berbagai sarana pendukung ibadah lainnya, seperti sound system dibenahi agar pesan-pesan dakwah yang disampaikan ustaz selama Ramadhan bisa terdengar jelas.

Sementara itu, mimbar masjid yang selama ini dipasang pengurus masjid sejak Ramadhan tahun lalu kini diganti dengan mimbar khusus untuk ceramah Ramadhan.

(Baca juga: Sambut Ramadhan, Warga Demak Gelar Tradisi "Megengan")

Warga dan pengurus mesjid juga membenahi fasilitas pendingin ruangan, seperti kipas angin atau AC yang dipasang di sekeliling masjid. Kipas atau AC yang rusak dibenahi, sedangkan yang sudah tidak bisa diperbaiki diganti dengan yang baru.

Imran, salah satu pengurus Masjid Jami’at Taqwa Kediri, mengatakan, pengurus dan jemaah masjid tahun ini menyambut Ramadhan tahun ini dengan penuh sukacita.

Menurut Imran, semua ini dilakukan untuk memberi kenyamanan kepada para jamaah yang akan melaksanakan ibadah Ramadhan agar mereka bisa lebih khusyuk dan nyaman berada di masjid.

“Ini tradisi menyambut Ramadhan. Masjid dan semua fasilitasnya dibenahi. Karpetnya dibersihkan dan diganti jika sudah tua, termasuk mimbar masjid diganti dengan mimbar khusus Ramadhan. Semua ini kami lakukan untuk memberi kenyamanan kepada para jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk,”ujar Imran.

Warga yang turun tangan membantu pengurus masjid untuk membenahi masjid dan segala fasilitas pendukung tempat ibadah lainnya dilakukan warga secara sukarela tanpa mendapat upah sepersen pun.

 

Kompas TV Berdasarkan pengamatan bulan di Ambon, Maluku, hilal tampak di atas dua derajat di atas ufuk.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com