Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulkifli Hasan: Dedi Mulyadi Cocok Jadi Gubernur Jabar

Kompas.com - 26/05/2017, 14:03 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PAN sekaligus Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi cocok jadi Gubernur Jawa Barat selanjutnya.

Selama ini, dirinya mengaku memiliki kecocokan dalam konsep pembangunan desa dan seluruh gagasan yang telah diterapkan melalui program di Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Jelang Pilkada Jabar, Dedi Mulyadi Sebut Tidak Ada Koalisi Permanen

Zulkifli menyebut bahwa Dedi memiliki konsep pembangunan pedesaan yang seharusnya tidak hanya diterapkan di Purwakarta, melainkan harus menjadi program yang dilaksanakan secara massif di Jawa Barat.

“Sebelum acara ini, saya tidak pernah diskusi dengan Kang Dedi soal apa yang mau dibicarakan. Tapi, soal gagasan, kami itu sudah nyetel. Makanya, saya katakan, Kang Dedi itu cocok dengan saya. Saya cocok kalau Kang Dedi jadi Gubernur Jabar,” jelas dia di hadapan ratusan tokoh pemuda desa pada sebuah acara di Komplek Setda Purwakarta, Jumat (26/5/2017).

Zulkifli menambahkan, sosok Dedi pun dinilai telah mendekatkan kewajiban pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat pedesaan. Kewajiban tersebut tidak bisa ditawar karena bersifat mutlak dilakukan oleh seorang kepala daerah.

“Purwakarta itu keren. Saya mau dong kalau kerennya Purwakarta ini bisa juga dirasakan oleh daerah lain di Jawa Barat. Konsep dan pelaksanaan program pembangunan pedesaan, pelayanan publik seperti di Purwakarta juga harus dinikmati oleh publik Jawa Barat,” kata dia.

Sementara itu, Dedi Mulyadi memaparkan kemajuan pembangunan Kabupaten Purwakarta berbasis pedesaan. Selama ini, posisi desa wajib mandiri supaya tak tergantung kepada anggaran yang disubsidi pemerintah pusat.

“Konsepnya itu penyertaan modal desa kepada perusahaan. Sehingga desa mampu membiayai kebutuhan pembangunannya melalui dividen setiap tahun. Jadi, pemerintah provinsi, kabupaten, maupun pusat tidak perlu lagi memberikan subsidi dana pembangunan,” singkat dia.

Baca juga: Menjajaki Kemungkinan Duet Ridwan Kamil-Dedi Mulyadi

Selama ini, PAN sendiri sudah menyiapkan kadernya untuk Pilgub Jabar 2018 mendatang. Kader itu di antaranya adalah anggota DPR RI sekaligus artis cantik Desy Ratnasari dan Primus Yustisio.

Namun, keputusan resminya nanti akan dikeluarkan oleh pengurus pusat melalui surat keputusan resmi.

Kompas TV Warga Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilkada Jabar 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com