Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afi: Agama Mana Pun Selalu Ajarkan Kedamaian, Bukan Buat Kekacauan

Kompas.com - 26/05/2017, 08:56 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Asa Firda Nihaya, pemilik akun Afi Nihaya Faradisa, remaja asal Banyuwangi yang statusnya viral di media sosial mengatakan bahwa agama mana pun selalu mengajarkan kedamaian.

Jika bom yang terjadi di Kampung Melayu Jakarta dikaitkan dengan agama, lanjutnya, maka kemungkinan ada kesalahpahaman dari pelakunya.

"Setiap agama mengajarkan kedamaian, mengajarkan kasih sayang. Arti agama sendiri, a adalah tidak dan gama artinya kacau. Jadi agama yang membuat kekacauan adalah kesalahan pemahaman dari pemeluknya," ungkap Afi, Kamis (25/5/2017).

Dia juga menambahkan jika ada yang mengatasnamakan agama dalam aksi terorisme maka pemahaman agama seseorang dari kecil-lah yang harus dibenahi.

"Karena kita berkontribusi dalam menciptakan pemahaman itu selama ini," tambahnya.

(Baca juga: Afi Pilih Putus dengan Pacar karena Tak Dukung Keberagaman)

Sebelumnya diberitakan, terjadi ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu (24/5/2017). Pada kejadian tersebut, polisi mencatat ada tiga anggota kepolisian yang gugur dalam tugas.

Selain itu, ada 6 anggota kepolisian yang mengalami luka berat dan masih dirawat di rumah sakit. Dari warga sipil, ada 5 korban yang terluka. Mereka terdiri dari sopir Kopaja, mahasiswi, hingga karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

(Baca juga: Keinginan Afi untuk Bertemu Jokowi...)

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com