Ini Peran 14 Tersangka Penganiayaan Taruna Akpol hingga Tewas

Kompas.com - 21/05/2017, 07:36 WIB
Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono bersama Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova. KOMPAS.com/Nazar NurdinKapolda Jateng Irjen Condro Kirono bersama Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova.
|
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 14 taruna Akpol tingkat III atau taruna senior di sekolah pendidikan Polri telah ditetapkan sebagai tersangka atas meninggalnya Brigadir Taruna Dua Muhammad Adam.

Dari 14 taruna senior itu, satu taruna berinisia CAS dinilai sebagai pelaku utama.

"CAS ini pelaku utama," kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, dalam gelar perkara Sabtu (20/5/2017) malam.

Baca juga: 14 Taruna Akpol Ditetapkan Jadi Tersangka Penganiayaan Junior hingga Tewas

Condro mengatakan, berdasar hasil penyelidikan, CAS adalah taruna terkahir yang melakukan tindak penganiyaan kepada korban Muhammad Adam. CAS diduga telah memukul korban Adam hingga jatuh pingsan.

Setelah tersungkur, korban kemudian dilarikan ke rumah sakit Akpol yang kebetulan ada di dalam kompleks sekolah tersebut.

Selain CAS, 13 taruna yang ditetapkan sebagai tersangka antara lain RLW, AKU, GCM, EA, JED, MB, CAE, HA, RAP, RK, IZ, PGS, dan GJN.

"14 tersangka ini perannya berbeda-beda. Ada yang melakukan pemukulan, ada yang memberi arahan, ada juga yang mengawasi ruangan, jangan sampai diketahui oleh pembina Akpol," ujar Condro.

Brigadatar Adam tewas setelah menjalani apel pembinaan oleh para seniornya di Akpol pada Kamis (18/5/2017) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Baca juga: Polisi Kantongi Nama Tersangka Kasus Meninggalnya Taruna Akpol

Sebelum tewas, Adam sempat pingsan hingga dibawa ke Rumah Saki Akpol Semarang. Dari hasil visum terdapat bekas luka lebam di bagian dada.

Korban juga mengalami luka di bagian paru-paru dalam tepatnya di kiri dan kanan. Akibatnya, korban gagal nafas karena tidak mendapat oksigen. Adam pun dipastikan meninggal karena menjadi korban penganiayaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X