Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Sapi Dijual Rp 75.000, Warga Bogor Padati Bazar Sembako Murah

Kompas.com - 17/05/2017, 18:59 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Ratusan warga Bogor memadati lokasi bazar sembako murah di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian, Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/5/2017).

Warga pun tak menyiakan kesempatan tersebut untuk berburu sembako berharga miring. Bazar yang diikuti 100 peserta menyediakan sembako, produk pertanian, pakaian, dan kerajinan.

Namun, yang menjadi pusat perhatian warga adalah daging sapi yang dijual Rp 75.000 dari harga di pasaran sekitar Rp 100.000 kilogram. Sontak, mereka rela mengantre demi mendapat daging murah.

(Baca juga: Indonesia Bakal Impor Puluhan Ribu Ton Daging Sapi dari India)

 

Tidak hanya daging sapi, antrean juga terlihat di beberapa pusat penjualan sembako lainnya, seperti bawang putih, telur, beras, cabai merah, gula, dan minyak goreng.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian M Syakir mengatakan, bazar ini merupakan kerja sama dengan Toko Tani Indonesia (TTI). Syakir menyebut, kelebihan Toko Tani Indonesia adalah menyediakan kebutuhan pangan dengan harga yang relatif murah.

"Toko Tani Indonesia merupakan terobosan dari Kementerian Pertanian untuk memotong rantai pasar bahan pangan. Tujuannya untuk menurunkan harga pangan, sekaligus memberikan keuntungan bagi petani," ucap Syakir, Rabu (17/5/2017).

Syakir menambahkan, kegiatan bazar sembako murah ini diselenggarakan selama tiga hari. Lewat kegiatan ini, ia berharap, harga kebutuhan bahan pokok jelang Ramadhan menjadi stabil.

"Di sini, kami menyediakan tiga ton daging sapi murah selama tiga hari. Harganya Rp 75.000 per kilogramnya," tuturnya.

(Baca juga: Polisi Jember Tangkap Penjual Daging Sapi yang Dicampur Daging Babi)

 

Sementara itu, salah satu warga, Eni (28) mengaku terbantu dengan bazar sembako murah ini. Menurut Eni, selisih harga di pasar dengan bazar cukup tinggi.

"Lumayan mas, harganya. Harga daging sapi kalau di pasar bisa sampai Rp 100.000 per kilonya, di sini cuman Rp 75.000. Daging ayam bisa sampai Rp 50.000-60.000 per kilonya di pasar. Saya harap, di bulan puasa harganya nggak mahal," imbuhnya.

Acara bazar ini dihadiri Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Ia sempat keliling dan mencicipi sejumlah kuliner yang dijajakan, seperti ikan gembung, tempe orek, dan ayam semur. 

Kompas TV Petugas menggrebek pabrik rumahan produksi abon sapi yang diduga kuat mengandung oplosan di Jalan Soponyono, Surabaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com