Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongkang Batu Bara Tabrak Jembatan Ampera

Kompas.com - 17/05/2017, 15:19 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tongkang pengangkut bermuatan batu bara menabrak Jembatan Ampera, di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (17/5/(2017) .

Peristiwa itu terjadi saat tongkang raksasa milik PT Bukit Asam ditarik kapal tunda dari arah Dermaga 35 Ilir menuju Boom Baru, pukul 11.00 WIB. Tiba-tiba, tali penarik putus, di sekitar 500 meter dari Jembatan Ampera.

Alhasil, tongkang itu hanyut dengan kecepatan tinggi karena arus Sungai Musi cukup deras. Kapal tunda lain berupaya menarik tongkang namun gagal karena keburu hanyut dan melaju kencang menuju jembatan.

Sontak saja, tongkang langsung menghantam Jembatan Ampera dengan posisi melintang dan mengenai dua tiang jembatan.

Kasat Polair Polresta Palembang, Kompol CS Panjaitan mengatakan, pihaknya akan menyelidiki terkait penyebab putusnya tali penarik dan kerusakan di jembatan akibat tabrakan, serta pandu tugbot akan dimintai keterangan, termasuk serang speedboat yang menjadi korban.

"Untuk informasi awal karena tali putus, nah untuk penyebab putusnya belum tahu, masih diselidiki," ungkap Kompol Panjaitan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mengetahui muatan batu bara yang diduga over kapasitas.

"Kita lihat nanti, kalau memang ada kelalaian pasti diproses. Untuk pemilik tongkang belum tahu, apa milik PT Bukit Asam atau swasta," katanya.

Tabrakan itu mengeluarkan suara kencang yang membuat warga sekitar kaget. Terdapat kerusakan di tiang penyangga jembatan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Soekarno pada 1962 itu.

Tak itu saja, tongkang juga menghantam speedboat  yang sedang melintas di bawah jembatan sehingga tenggelam, beruntung serang (pengemudi) selamat setelah terjun ke sungai.

Sementara, pantauan di lokasi kejadian, sekitar dua jam menutupi arus lalu lintas sungai, tongkang itu berhasil dievakuasi dengan cara ditarik delapan kapal. Evakuasi terkendala arus deras Sungai Musi dan muatan batu bara yang besar.

Baca juga: Tongkang Hantam Kapal, Seorang Nelayan Tewas, 3 Orang Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com