Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hari Hilang Kontak, 2 Pendaki Gunung Merbabu Ditemukan Selamat

Kompas.com - 16/05/2017, 14:04 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Setelah melakukan penyisiran selama dua hari, tim SAR gabungan akhirnya menemukan dua pendaki yang dikabarkan tersesat di Gunung Merbabu sejak Minggu (14/5/2017) dalam keadaan selamat. 

Kedua pendaki tersebut bernama Prima Angga Wahyu Setiawan (17) dan Inggil Pangestu (16) warga Dukuh Ngentak, Kelurahan Kutowinangun Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Mereka ditemukan Selasa (16/5/2017) pukul 09.15 WIB, di area puncak satu Watu Gubug.

Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono mengatakan, informasi dari tim di lapangan, hingga pukul 13.00 proses evakuasi masih terus dilakukan. Tim SAR gabungan tengah menuju basecamp Thekelan, Kopeng, Getasan Kabupaten Semarang.

(Baca juga: 2 Pendaki Hilang di Merbabu, Tim SAR Lakukan Pencarian Terbuka)

 

Agus mengatakan, kedua pendaki ditemukan di lereng jurang, sehingga perjalanan turun untuk evakuasi harus esktra hati-hati. Satu pendaki bernama Angga, sambung dia, dalam kondiri fisik yang sehat. 

"Sedangkan Inggil (16) dikabarkan mengalami luka di beberapa bagian tubuh sehingga harus mendapatkan pertolongan medis untuk turun," tuturnya.

Komandan Basarnas yang ada di lapangan, Hardi Amanurijal mengatakan, kedua pendaki ditemukan SRU Timhua yang melakukan penyisiran melalui barat dari jalur Thekelan, Kopeng.

"Penemuan korban sendiri berada di daerah Watu Gubuk dan rencananya korban akan dievakuasi via jalur Tekelan," ucapnya.

(Baca juga: Kronologi Hilangnya Dua Pendaki di Gunung Merbabu)

 

Sebelumnya dikabarkan, sebanyak dua orang pendaki hilang kontak dalam pendakian di Gunung Merbabu, di wilayah Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang sejak Minggu (14/5/2017) siang.

Kompas TV 11 Pendaki Gunung Prau Tersambar Petir, 3 Tewas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com