Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap Seorang Napi yang Kabur dari Lapas Makassar di Poso

Kompas.com - 15/05/2017, 20:32 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Satuan Tugas operasi Tinombala 2017 di Poso,Sulawesi Tengah menangkap Rijal Budiman (25), salah seorang dari tiga narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas I Makassar, Sulawesi Selatan.

Rijal yang merupakan terpidana seumur hidup atas kasus pembunuhan di Jayapura itu, ditangkap saat sedang berjalan kaki di wilayah Poso, tepatnya di pos sekat desa Gayatri, Kecamatan Poso Pesisir Utara pada Minggu (14/5/2017).

Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto dalam keterangannya di Mapolres Poso Senin (15/5/2017) mengatakan, Rijal diamankan personel Brimob karena tampak mencurigakan.

"Dari pengakuannya, di kota Palopo mereka berpisah, Rijal Budiman melanjutkan pelariannya dengan menumpang truk menuju Poso, untuk selanjutnya menuju Manado,Sulawesi Utara," kata Bogiek.

Sesampainya di Poso, Rijal turun di desa Ratulene,kecamatan Poso Pesisir, kemudian berjalan kaki menuju Poso Pesisir Utara.

Namun kehadirannya itu justru mengundang perhatian Brimob yang sedang bertugas. Petugas akhirnya curiga, kemudian menahan dan menginterogasinya.

Dari hasil interogasi itu, Rijal pun diketahui sebagai salah satu dari 3 narapidana yang melarikan dari lapas kelas satu Makassar pada (7 /5/ 2017) silam dengan cara menggergaji terali besi.

Rijal kini diamankan di Mapolres Poso dengan pengawalan ketat oleh aparat kepolisian

"Saat ini sebuah tim dari LP kelas I Makassar telah dikirim menuju Poso untuk menjemput Rijal Budiman untuk dikembali ke Makassar paling lambat hari ini, ucap Bogiek.

Selain Rijal Budiman, dua napi yang melarikan diri adalah Iqbal alias Bala yang merupakan terpidana pemerkosaan denga divonis hukuman mati dan Tajrul alias Asrus terpidana kasus pembunuhan divonis penjara seumur hidup.

Baca juga: Kemenkum HAM: 3 Napi Lapas Makassar Kabur karena Berpikir Akan Tetap Mati Juga

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com