Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembubaran Aksi 1.000 Lilin di Pantai Losari, Ini Langkah Walikota Makassar

Kompas.com - 13/05/2017, 23:25 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -  Wali Kota Makassar Sulawesi Selatan, Mohammad Ramdhan Pomanto akan mempertemukan tokoh-tokoh kedua belah pihak terkait pembubaran paksa aksi 1.000 lilin untuk Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Anjungan Pantai Losari oleh kelompok beratribut FPI.

Menurut pria yang akrab disapa Danny ini, pihaknya bersama Kapolrestabes Makassar dan Dandim 1408 BS Makassar menenangkan situasi dulu. Sehingga kedua kelompok tidak bisa dipertemukan dengan situasi yang masih panas.

"Kita tenangkan dua hari ini. Insya Allah hari Selasa ini, kita pertemukan kedua tokoh-tokoh kedua bela pihak. Pemkot Makassar, Polrestabes Makassar dan Kodim 1408 BS yang memfasilitasi," katanya.

Danny mengungkapkan, aksi 1.000 lilin yang digelar di Anjungan Pantai Losari tidak mempunyai izin atau menyampaikan pemberitahuan ke Pemerintah Kota Makassar maupun ke Polrestabes Makassar.

"Ini acara tidak ada pemberitahuannya ke Pemerintah Kota Makassar dan aparat kepolisian. Jadi jangankan izin, pemberitahuan saja tidak ada," ucapnya.

Danny mengatakan, insiden pembubaran paksa aksi 1.000 lilin terjadi karena dua keinginan yang berbeda. Kedua bela pihak keinginannya ingin terlaksana.

Meski sempat terjadi insiden, Danny mengaku telah menenangkan kedua bela pihak dengan berkoordinasi tokoh-tokoh kedua kelompok itu.

"Alhamdulillah, semua kita bisa tenangkan. Intinya semua masyarakat cinta Makassar, sehingga keributan bisa diredam. Makassar sedikit saja terprovokasi, bisa berakibat fatal," ucapnya.

Baca juga: Dibubarkan di Pantai Losari, Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok Pindah ke Halaman RS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com