Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mahasiswa UGM Main Teater Boneka di ICD 2017

Kompas.com - 13/05/2017, 19:45 WIB
Kontributor Yogyakarta, Teuku Muhammad Guci Syaifudin

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Amina Raisa (21), mahasiswai Fakultas Geografi UGM terlihat meremas-remas kertas koran hingga tak berbentuk di pingir Plaza Pasar Ngasem, Jalan Polowijan, Kota Yogyakarta, Sabtu (13/5/2017) sore.

Raisa ditemani Unsa Arifah (21), mahasiswi Fakultas Pertanian UGM ketika meremas kertas koran harian Tribun Jogja itu.

Aksi mereka bukan marah terhadap isi berita koran Tribun Jogja, melainkan mencoba membentuk kertas koran itu menjadi boneka. Ya, mereka sedang berlatih menjadi pemain teater boneka seperti Beni Sanjaya, Anton Fajri, dan Pambo Priojati.

Ketiga pria itu merupakan pemain Pappermoon Puppet Theatre, kelompok teater boneka asal Yogyakarta.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, Raisa dan Unsa berhasil membentuk dua lembar kertas koran menjadi dua benda. Satu benda menyerupai boneka manusia dan satu boneka menyerupai bola.

Lantas, keduanya memainkan boneka hasil karya mereka di atas plaza.

Raisa memegang tangan kiri dan kepala boneka, sedangkan Unsa memegang tangan kiri dan memegang kaki kiri boneka.

Meski terlihat kaku, keduanya memerankan boneka itu layaknya pemain sepak bola. Mulai dari menggiring bola sampai menendang bola. Keduanya pun sempat mempertontonkan selebrasi seolah-olah boneka yang mereka buat itu berhasil menciptakan gol.

Raisa mengaku, menjadi pemain puppet theatre merupakan pengalaman baru. Ia menilai, menjadi pemain teater boneka tak semudah yang dibayangkannya lantaran perlu kesabaran dan latihan yang tekun.

Hal itu terbukti ia belum maksimal memainkan boneka berbahan koran sesuai harapan.

"Tadi sebelum buat boneka (pemain sepak bola), saya juga sempat buat boneka kupu-kupu dari selembar kertas koran. Buat bentuknya gampang, tapi ternyata susah juga menggerakkannya," kata dia.

Raisa dan Unsa memang meniru aksi Beni, Pambo, dan Anto yang terlihat piawai menjadi pemain teater boneka. Ketiganya memainkan sosok kakek tua dengan caping yang berteman dengan seorang anjing.

Kakek yang mereka namai Kunta itu tampil seolah manusia nyata. Kunta terlihat tengah menyantap nasi bungkus secara lesehan. Tiba-tiba datang seekor anjing ketika Kunta menyantap nasi dengan lahap. Anjing itu berlari mengelilingi Kunta sembari menyalak.

Sekali waktu, Anjing yang diperankan Beni itu mengemis makanan Kunta. Kunta yang dimainkan Pambo dan Anto itu pun memberikan sebagian makanannya.

Sang anjing menyantap makanan yang terhampar di lantai. Usai menghabiskan nasi bungkus, Anto, Pambo, dan Beni memainkan Kunta bersama-sama.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com