Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Kantor Polisi, Ratusan Warga Laporkan Pemilik Akun Facebook Berstatus Rasis

Kompas.com - 13/05/2017, 07:11 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

BAA, KOMPAS.com - Ratusan warga Kota Baa, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendatangi Markas Kepolisian Lobalain, untuk melaporkan pemilik akun Facebook berinisial AJR, karena menulis status yang bernada rasis dan ujaran kebencian.

Sebelum ratusan warga tiba di kantor polisi, salah satu warga yang bernama Onesimus Puling telah mendahului datang di Mapolsek untuk melaporkan dan meminta polisi mengamankan pemilik akun Facebook itu.

Kepada sejumlah wartawan, Onesimus mengaku status itu menimbulkan keresahan dan sangat memprovokasi masyarakat.

Onesimus menyebut, status itu berkaitan erat dengan aksi Gerakan 2017 Lilin untuk Ahok dan tiga korban tenggelam, yang digelar pada Rabu (10/5/2017) kemarin, di lapangan Kota Baa.

(Baca: Mendagri Peringatkan Wanita yang Kritik Jokowi saat Berorasi Bela Ahok)

Status itu membuat dirinya merasa dilecehkan sehingga ia pun akhirnya lapor polisi.

"Kami minta polisi amankan dulu, sebagai bentuk antisipasi agar tidak menimbulkan kericuhan dan amukan masa,” ujarnya.

Onesimus berharap, polisi bisa mengusut pemilik akun Facebook berinisial AJR itu karena dianggap telah melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahunn 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dalam statusnya AJR menulis bahwa “Orang di Jakarta sana yang punya masalah, kamu yang di Rote juga ikutarus. Kamu mau buat bagaimana juga sama saja. Ahok tidak kenal kalian”.

Terkait dengan itu, Kepala Bidang Humas Polda NTT AKBP Jules Abraham Abast mengatakan, kasus itu sudah ditangani olehpihak kepolisian Resor Rote Ndao

“Tadi Wakapolres Rote Ndao, Kompol Christ Tanauw sudah bertemu dan berdialog dengan ratusan massa dan segera menyelesaikan kasus itu. Saat ini terlapor atau pemilik akun Facebook itu sudah diamankan,” ucap dia.

Kompas TV Ribuan warga di Denpasar, Bali, Kamis (11/5) malam menggelar aksi seribu lilin di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Renon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com