Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Probolinggo Wajibkan Gudang Beli Tembakau Lokal, Ribuan Petani Takbir

Kompas.com - 10/05/2017, 16:32 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Bupati Probolinggo P Tantriana Sari mewajibkan gudang tembakau membeli tembakau petani Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Hal itu dilakukan agar kegaduhan petani tembakau tidak terjadi lagi tahun ini.

"Siapapun boleh berinvestasi. Dosa jika Bupati mengizinkan pengusaha membangun gudang di Kabupaten Probolinggo, tapi manfaatnya dinikmati petani daerah lain. Saya tegaskan, gudang tembakau di sini tak boleh mengambil tembakau dari luar daerah, seperti Jember dan daerah lain," kata Tantri di hadapan ribuan petani tembakau se-Kabupaten Probolinggo dalam kegiatan penetapan area tanam tembakau 2017 di Gedung Islamic Center, Rabu (10/5/2017).

Baca juga: Kisah Farida, Wanita yang Terselamatkan Hidupnya karena Tembakau (2-Tamat)

Ribuan petani pun bertepuk tangan setelah mendengar penjelasan Tantri. Mereka juga meneriakkan takbir dan menyatakan setuju atas keputusan Tantri mewajibkan gudang membeli tembakau petani dalam daerah.

Maklum, harga tembakau pada tahun-tahun sebelumnya sering rendah. Hal itu disebabkan sejumlah gudang tembakau di Kabupaten Probolinggo membeli tembakau dari luar daerah.

Petani tembakau Kabupaten Probolinggo banyak yang merugi akibat terjunnya harga tembakau kala itu. Bahkan, tembakau petani Probolinggo sampai tak terbeli karena kalah saing dengan produk daerah lain yang membanjiri gudang tembakau Kabupaten Probolinggo.

Tembakau tak laku, mereka juga pusing memikirkan pinjaman yang harus dikembalikan kepada rentenir.

Baca juga: RUU Tembakau Ditolak Presiden, DPR Belum Tentukan Sikap

Supaya harga tembakau stabil, stok sesuai dengan kebutuhan, petani diminta Tantri mematuhi penetapan area tanam tembakau 2017 seluas 10.774 hektar, dengan asumsi menghasilkan 120.000 ton.

"Sebenarnya, tak hanya tembakau dan padi yang jadi komoditas bernilai jual tinggi. Jagung dan bawang merah juga prospek. Saya perintahkan Camat Kraksaan menanam bawang merah 1 hektar di Desa Kebonagung, ternyata berhasil. Jadi, bisa dicoba petani," katanya.

Kompas TV Dua gudang pengeringan tembakau di Jember, Jawa Timur, ludes terbakar. Kencangnya angin membuat api cepat menjalar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com