Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Ditunda, Mahasiswa UIN Malang Demo

Kompas.com - 10/05/2017, 13:52 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang menggelar demonstrasi di depan gedung rektorat, Rabu (10/5/2017). Aksi tersebut buntut dari keputusan kampus yang menunda pelaksanaan wisuda.

Koordinator aksi, R Kiambang Prakasa mengatakan, sesuai dengan pengumuman pihak kampus, wisuda akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Mei 2017 mendatang. Namum kampus tiba-tiba menunda pelaksanaan wisuda ke 8 Juli.

"Alasan penundaan tidak jelas. Yang kami sesalkan karena mahasiswa yang dari luar pulau, orang tuanya sudah pesan tiket dan penginapan. Ternyata ditunda," ujarnya.

Muhammad Najib (22) mahasiswa Jurusan Hukum Perdata Islam, Fakultas Syariah yang akan diwisuda mengaku kecewa dengan penundaan itu. Menurutnya, penundaan wisuda tahun ini sudah dua kali terjadi.

Sebelumnya, kampus merencanakan wisuda Maret 2017. Namun karena kuota sebanyak 800 wisudawan tidak terpenuhi, wisuda batal digelar.

"Pas Maret belum memenuhi kuota. Okelah teman-teman bisa menerima alasan itu," jelasnya.

Kemudian kampus menjadwal ulang pada 20 Mei 2017. Kuota 800 wisudawan sudah terpenuhi namun pihak kampus masih menundanya. "Alasan logisnya teman-teman itu kasihan yang rumahnya luar Jawa. Yang sudah pesan tiket dan penginapan," katanya.

(Baca juga: Diwisuda, Mahasiswa Ini Naik "Skateboard" dari Rumah hingga Kampus)

 

Kepala Bagian Kerja Sama pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Sutaman mengatakan, pihaknya memang menunda pelaksanaan wisuda yang dijadwalkan 20 Mei ke tanggal 8 Juli.

Penundaan itu dikeluarkan pada Senin (8/5/2017) dengan alasan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Mudjia Rahardjo pada tanggal yang sama dijadwalkan menghadiri agenda Islamic Development Bank (IDB) di Jeddah, Arab Saudi.

Sesuai dengan undangan, agenda tersebut akan berlangsung selama enam hari dari 16 sampai 21 Mei 2017.

"Sebetulnya memang dijadwalkan 20 Mei. Itu sudah diumumkan dan dikomunikasikan ke semua pihak. Ternyata kemarin tanggal 5 Mei itu ada surat dari IDB, undangan kepada rektor untuk mengikuti konferensi dan presentasi terkait dengan rencana bantuan dari IDB," jelasnya.

(Baca juga: Mahasiswa UIN Malang Demo Pakai Kostum "Tikus Tong-Tong")

 

Karena ada aksi protes tentang penundaan itu, pihak kampus menjadwal ulang pelaksanaan wisuda. Rencananya, wisuda akan dilangsung pada Minggu, 21 Mei. Sehari setelah jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Jadi Pak Rektor pada tanggal 19 malam menuju kesini. Tidak mengikuti agenda penutupan IDB," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com