Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Kabur Dievakuasi Bertahap ke Lapas Pekanbaru

Kompas.com - 05/05/2017, 20:38 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com -Sekitar 67 tahanan Rumah Tahanan Kelas IIB, yang berhasil ditangkap setelah sebelumnya kabur, telah dievakuasi ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru, Jumat (5/5/2017). 

"Sudah 57 dievakuasi ke Lapas, dan 10 tahanan lainnya ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Yang dievakuasi baru setengah, nanti bertahap yang ditangkap akan dievakuasi" kata Kepala Lapas KelasII A Pekanbaru, Yulius Sahrizah di Pekanbaru.

Menurutnya, hingga Jumat petang telah diamankan 100 lebih tahanan yang kabur dan akan dievakuasi. Untuk diketahui, Lapas IIA Pekanbaru dan LPKA letaknya berdampingan tetapi beda kompleks.

Kondisi LPKA Pekanbaru saat ini masih bergabung dengan Lapas Perempuan. "Tidak apa-apa dipindah ke LPKA, kan hanya untuk sementara untuk pengamanan," imbuhnya.

(Baca juga: Kerusuhan di Putan Pekanbaru, Ratusan Tahanan Kabur)

Sebelumnya diketahui 200 lebih tahanan kabur dari Rutan dengan mendobrak salah satu pintu hingga terbuka. Diduga karena kekecewaan akan pelayanan dimana kapasitasnya hanya 369 tapi diisi 1.800 lebih.

Saat ini pihak kepolisian sesuai perintah Kapolda Riau telah membentuk tim melakukan pemeriksaan di jalan yang dimungkinkan dilewati untuk diamankan ke Rutan. Personil dikerahkan acara maksimal untuk mengejar tahanan yang masih kabur.

"Untuk di Rutan kita turunkan satu satuan setingkat kompi dari Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, 2 SSK Brimob Polda Riau, dan 1 SSK dari TNI," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo.

Polisi mengimbau warga waspada terkait kaburnya ratusan tahanan. Polisi meminta meminta untuk berkoordinasi dengan kepolisian terdekat apabila menemukan atau melihat orang yang mencurigakan.

Kompas TV Kompas Petang akan berbincang dengan salah satu saksi saat kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com