Kilas daerah

Anda Orang Semarang? Ada Konser Khas Semarang Nanti Malam, Gratis!

Kompas.com - 05/05/2017, 09:16 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Konser orkestra bertajuk 'Semarang Bergerak Bersama' bakal digelar di halaman Balaikota Semarang, Jumat (5/5/2017) malam nanti. Konser khas dengan cita rasa Semarangan akan dimulai pukul 19.30 WIB hingga selesai.

Tak hanya diramaikan artis asli Semarang, konser dalam rangka HUT ke-470 Kota Semarang itu juga menampilkan panggung untuk para pejabat dan tokoh masyarakat. Tercatat ada 107 penampil yang akan terlubat pada acara yang khusus dirancang untuk menghibur warga masyarakat ini.

Panitia konser secara khusus menggandeng Paulus Surya Orkestra, grup orkestra asli Semarang yang malang melintang di panggung nasional hingga internasional. Walikota bersama Wakil Walikota dan jajaran Muspida, Kepala Dinas, seniman, pengusaha, birokrat, hingga komunitas juga akan menyuguhkan hiburan kolosal yang terbagi dalam lima kloter kelompok bernyanyi.

"Lima kloter ini terdiri dari kelompok kepala dinas putra termasuk Ketua DPRD Jateng Alwin Basri, kloter kepala dinas putri dipimpin Wakil Walikota, kloter rektor dan direktur kewirausahaan digawangi Dirut Bank Jateng Supriyatno, kloter Kadin dan ormas kepemudaan, dan kloter Muspida yang diisi Walikota Semarang, Ketua DPRD Kota Semarang, Kapolres, Danlanal, dan lainnnya," ujar Andriyani, Ketua Panitia konser 'Semarang Bergerak Bersama', pada konferensi pers, Kamis (4/5/2017).

Adapun beberapa musisi asli Semarang yang siap menghibur malam nanti di antaranya Tonny Q Rastafara sebagai Presiden Reggae Indonesia, Heidy Power Slaves, Rock Star, Diky D2, Rizal Starvings, Wieka Yuswidiana, Budi Bongkat, dan banyak lagi.

Sementara itu, yang tak kalah istimewa adalah partisipasi 5 menteri dari Kota Semarang, yakni Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menristekdikti Mohamad Nasir, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain memberikan testimoni tentang Kota Semarang, kelima menteri tersebut juga akan memberikan piagam penghargaan berupa Sertifikasi Jalan Hijau. Sertifikasi ini rencananya diserahkan langsung oleh Menteri PUPR kepada Walikota atas keberhasilan Kota Semarang dalam menjaga kawasan hijau dari dampak pembangunan.

Pengaruh positif

Konser 'Semarang Bergerak Bersama' mengangkat konsep berbagai potensi unggulan Kota Semarang. Perjalanan keliling dunia hingga menuju ke Kota Semarang sebagai kota yang adem ayem dan dikenal dengan toleransinya akan disajikan dalam bentuk pertunjukan berdurasi kurang lebih 4 jam. Seluruh penampil akan berbusana batik dengan kombinasi ala rocker.

Sebuah lagu ciptaan Heidy Poverslaves, misalnya. Lagu tentang Kota Semarang ini akan secara khusus ditampilkan dengan kolaborasi cantik Orkes Keroncong Dangdut Melaku.

Sementara itu, Tony Q mengatakan konser ini benar-benar mengangkat berbagai aset dan potensi Kota Semarang untuk ditampilkan oleh seluruh elemen kota itu sendiri. Dirinya mengakui bahwa kekayaan prestasi Kota Semarang akan membuat kota itu dikenal hingga kancah internasional.

Tony berharap konser ini dapat memberikan pengaruh positif kepada generasi muda khususnya untuk semangat ber berkiprah mengangkat Kota Semarang di berbagai bidang. Melalui konser ini juga, Tony berharap semakin besar kecintaan dan kekompakan warga kota.

Anda warga Kota Semarang? Jangan lupa, malam nanti konser ini digelar gratis dan terbuka untuk umum. Masyarakat yang tidak bisa menonton secara langsung di halaman Balaikota, dapat menyaksikan gelaran acara tersebut melalui stasiun TVRI Jawa Tengah.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com