Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Hibah "Fly Over" dari Korsel, Bandung Siapkan Kawasan Khusus Korea

Kompas.com - 05/05/2017, 07:08 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Hubungan kerja sama antara Pemkot Bandung dengan pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan membuahkan hasil. Sejumlah pengusaha asal negeri ginseng itu rencananya akan meghibahkan sebuah jembatan layang (fly over) di Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, komitmen kerja sama itu merupakan hasil dari kunjungan kerjanya ke Korea Selatan beberapa waktu lalu.

"Kemarin saya kedatangan pengusaha Korea mereka cinta Bandung tahu saya ada kerja sama dengan Kota Seoul diberbagai bidang dan mereka menghibahkan satu infrastruktur fly over," kata Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kamis (4/5/2017).

Dia menyebutkan, teknologi pembangunan jalan layang itu mirip dengan yang diterapkan di jembatan layang Antapani. Karena itu, proses pengerjaannya hanya memakan waktu sekitar dua bulan.

"Karena teknologinya sama dengan yang di Antapani dengan waktu dua bulan jadi mereka menjanjikan membuat fly over keren dengan waktu dua bulan dengan harga murah sekitar Rp.20-25 miliar hibahnya," ujarnya.

Saat ini, lanjut Ridwan, Pemkot Bandung tengah mencari titik yang pas untuk proyek fly over tersebut. Ada tiga tempat yang akan diprioritaskan mendapat fasilitas tersebut salah satunya di Jalan Garuda dan Jalan Sukarno-Hatta.

"Mereka minta titiknya di mana. Kita kebut mungkin di Jalan Garuda yang macet itu, di (perlintasan) kereta yang riweuh kemungkinan bisa di Jalan Sukarno-Hatta kita ada tiga pilihan tapi apapun itu di ulang tahun Bandung bisa diresmikan," kata Emil, sapaan akrabnya.

Sebagai timbal balik, Pemkot Bandung akan membuat kawasan khusus bertema Korea Selatan. Lokasinya berada di Jalan Banten sepanjang 300 meter. Proyek itu pun diharapkan rampung bersamaan dengan pengerjaan fly over.

"Nah yang kedua saya akan bikin Jalan Korea yang dulu diliput sudah ada lokasinya di Jalan Banten panjang 300 meter. Temanya Korea ada restoran Korea dan sebagainya. Diharapkan selesai juga pada saat penyelesaian fly over hibah, (ini sebagai) timbal balik budaya," tuturnya.

Jalan Korea Selatan itu nantinya akan ditempati oleh pengusaha asli asal Korea Selatan serta setengahnya dari warga lokal.

"Setengahnya tenant orang Indonesia yang suka Korea setengah tenant-nya didatangkan dari Korea Selatan oleh Hermawan Kertajaya yang ahli marketing," ungkapnya.

"Peresmiannya diharapkan saya undang Wali Kota Seoul yang dikunjungan terakhirnya menjanjikan mau ke Bandung sebelum dia jadi Presiden Korea biasanya di sana begitu. Dan saya sudah minta ke pemilik fly over undanglah Opa-opa Korea Selatan," jelasnya.

Baca juga: Gunakan Baja Bergelombang, "Fly Over" Antapani Bandung Lebih Efisien

Kompas TV “Micro Library” Ramah Lingkungan Ini Pernah Jadi Juara Dunia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com