Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kendal, Ada SMP yang Memberi Makan Gratis untuk Peserta UNBK

Kompas.com - 03/05/2017, 12:31 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Sekolah Menangah Pertama (SMP) Negeri 1 Brangsong Kendal Jawa Tengah, memberi sarapan dan makan siang gratis untuk siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Makanan gratis tersebut diberikan untuk membantu siswa yang tidak sempat sarapan karena harus berangkat pagi sebelum ujian.

Kepala SMPN 1 Brangsong Kendal, M Rosidin mengatakan, pihaknya sudah tiga tahun ini, memberi sarapan gratis untuk siswa. Namun untuk makan siang, baru tahun ini. Pasalnya jadwal UNBK ada tiga gelombang pagi dan siang.

“Kalau tahun sebelumnya, ujiannya kan tulis. Jadwalnya, tidak ada yang siang, “ kata Rosidin, Rabu (3/5/2017).

Dana yang digunakan untuk makan gratis siswa ini, menurut Rosidin, tidak meminta dari siswa atau orang tua.  Namun berasal dari guru sekolah, yang secara sukarela iuran untuk membeli makanan dan disajikan kepada siswa peserta ujian.

“Ujiannya, supaya siswa bisa mengerjakan soal dengan tenang,” tambahnya.

Adanya makanan gratis dari sekolah, disambut senang oleh siswa. Terutama sekali, siswa yang rumahnya jauh dari sekolah. Sehingga mereka tidak sempat sarapan atau makan siang, karena takut terlambat masuk ujian.

Salah satunya adalah, Eva Yuli Febriani. Eva mengaku, dirinya tidak sempat makan di rumahnya, karena belum matang. “Kalau paksakan menunggu makanan matang, takut terlambat,” ujar Eva.

Siswa lain, Yogi, juga mengaku senang dapat sarapan gratis dari sekolah. Sebab tidak kuatir kelaparan . Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Brangsong sendiri diikuti 267 siswa dan dibagi tiga gelombang. 

Baca juga: Tersangkut Hukum, Siswa SMP Ini Sedih Ujian Sendiri di Lapas

Kompas TV Fasilitas Tak Memadai, Siswa SMP â??Numpangâ?? Ujian di SMA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com