Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik Menilang, Polisi Gadungan Gelagapan Didatangi Anggota Satlantas

Kompas.com - 02/05/2017, 10:01 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Jajaran kepolisian dari Satlantas Polresta Samarinda mengamankan seorang polisi gadungan yang melakukan penilangan terhadap pengendara roda dua di jalan Kusuma Bangsa, Senin (1/5/2017) sore.

Pria atas nama Joko Prianto (33), warga Loa Bakung, Sungai Kunjang itu gelagapan dan sempat hendak melarikan diri saat anggota Satlantas Polres datang ke lokasi pelaku melakukan penilangan.

Saat itu, Joko sempat mengaku anggota polisi leting angkatan 24 kepada salah satu polisi yang curiga dengan gerak gerik pelaku.

Saat beraksi untuk memeras warga, pelaku menggunakan sepatu boot yang kerap digunakan anggota Satlantas, lalu celana panjang, sabuk putih khas Lantas, serta pakaian dinas kepolisian.

Pelaku sempat meminta kepada korbannya membayar uang tunai Rp 200.000, agar motor korban tidak ditilangnya.

Pasalnya memang saat itu korban tidak menggunakan helm, hal itulah yang membuat pelaku langsung meminta korbannya untuk berhenti.

"Maksud saya, kalau mau bayar langsung ke kantor polisi saja, bukan maksud saya minta. Saat itu saya hanya minta tunjukan STNK saja," ucapnya saat berada di Polsekta Samarinda Ilir, Senin (1/5/2017).

Sementara itu, anggota Satlantas yang tidak ingin diberitakan namanya mengaku, saat itu dirinya bersama seorang rekannya tengah bertugas di Pos Polisi RS Darjad.

Mendapat laporan adanya polisi gadungan, dirinya langsung bergegas menuju lokasi.

Sang polisi gadungan kelagapan saat tiga anggota polisi mendatangi dirinya.

"Dia memang sempat ngaku anggota polisi kepada kami, lalu langsung kami amankan, kita bawa ke Polsekta Samarinda Ilir," ungkap polisi berpangkat Bripka itu.

Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap yang bersangkutan, pelaku kerap beraksi dengan mengaku sebagai anggota polisi, di jalan Kusuma Bangsa, jalan Agus Salim, jalan Air Putih dan jalan Juanda. (Tribun Kaltim/Christoper D)

Baca juga: Polres Cianjur Ringkus Polisi Gadungan yang Memeras Warga Timur Tengah

Kompas TV Kisah Polisi Gadungan Pencuri Cabai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com