Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bulan Raskin Tak Turun, Nek Toimah Konsumsi Tiwul

Kompas.com - 28/04/2017, 21:44 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Sebanyak 74 kepala keluarga (KK) warga Desa persiapan Pasir Putih, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat mengeluh tidak mendapat jatah beras miskin (Raskin). Hal ini sudah berlangsung empat bulan sejak awal 2017.

“Tahun 2017 ini kami belum mendapatkan jatah beras miskin, kemudian ada jatah raskin bulan 13 dan 14 2016 juga belum kami terima,” kata Nardi (60) kepala Dusun II Desa persiapan Pasir Putih kapada wartawan, Jum’at (28/4/2017).

Nardi mengaku tidak mengetahui penyebab keterlambatan raskin gratis yang diluncurkan Pemkab Aceh Barat 2016 lalu. Walaupun gratis, warga menyumbang sesuai kesepakatan Rp 10.000 untuk biaya transportasi dari kecamatan hingga ke desa mereka. 

"Setiap KK mendapat jatah 15 Kg," tuturnya.

Keterlambatan raskin gratis berdampak pada warga yang tidak mampu membeli beras. Seperti keluarga Nek Toimah (65), ia bersama anak dan cucunya mengonsumsi tiwul yang dibuat dari bahan baku ubi busuk. 

“Kami tidak sanggup beli beras karena tidak memiliki sumber pendapatan apa-apa. Apalagi kami tidak ada yang cari nafkah lagi. Suami dan menantu sudah lama meninggal dunia, sehingga terpaksa kami makan ubi untuk menggantikan nasi," tuturnya.

(Baca juga: Maling Ini Curi Puluhan Karung Raskin di Grobogan)

Toimah berharap mendapat uluran bantuan modal untuk usaha ternak, sehingga mereka mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Saya kalau dibantu usaha ternak saja, karena kalau di sini sulit untuk bercocok tanam. Kalau dibantu ayam atau bebek, minimal dari usaha ternak itu dapat kami beli beras,” keluhnya.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com