Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetapkan Pasangan Petahana sebagai Wali Kota Salatiga

Kompas.com - 27/04/2017, 22:04 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menetapkan pasangan Yuliyanto-Muh Haris (Yaris) sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Salatiga terpilih untuk periode lima tahun ke depan.

Penetapan pasangan petahana ini dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Wali Kota dn Wakil Wali Kota Terpilih dalam pemilihan Wali Kota Salatiga 2017 di kantor KPU setempat di Jl Argosari, Tetep, Randuaci, Argomulyo, Kamis (27/4/2017) malam.

Penetapan ini dilakukan KPU menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang perselisihan hasil pemilihan wali kota dan wakil wali kota Salatiga tahun 2017 yang mana amar putusannya menolak permohonan pasangan Rudiyanto-Dance Ishak Palit (Rudal) untuk seluruhnya.

"Rapat Pleno ini merupakan tahapan pemilihan wali kota setelah keluarnya putusan MK Nomor 30/PHP.KOT-XV/2017 tanggal 26 April kemarin," kata Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati.

(Baca juga: Calon Petahana Klaim Unggul di Pilkada Salatiga)

 

Hadir pada penetapan ini para ketua dan anggota PPK dan PPS se-Kota Salatiga serta pasangan Yaris beserta tim sukses dan partai pengusung maupun pendukungnya. Hingga acara selesai, pasangan Rudiyanto-Dance Ishak Palit tidak tampak hadir.

Putnawati menegaskan, semua pasangan calon dan partai pendukungnya telah diundang. "Semua diundang, tapi pasangan Rudi-Dance izin karena masih di Jakarta," tandasnya.

Dengan penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Salatiga terpilih ini, pasangan Yuliyanto-Muh Haris selanjutnya akan dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah dalam sebuah rapat paripurna DPRD setempat.

"Selanjutnya kami akan menyampaikan berita acara dan Surat Keputusan ini ke DPRD. Berita acara juga kami sampaikan ke paslon, panwas, dan parpol pengusung," tandasnya.

Sementara itu calon wali kota Salatiga terpilih Yuliyanto saat dihubungi menyampaikan apresiasinya terhadap para pendukungnya dan seluruh masyarakat Salatiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com