Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petahana Kalah, Kerja Sama DKI dan Bangka Belitung Diminta Tetap Berlanjut

Kompas.com - 27/04/2017, 08:31 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Kerja sama antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan DKI Jakarta diharapkan terus berlanjut, meskipun telah terjadi pergantian tampuk kepala daerah.

Usaha yang telah dirintis kedua pemda, seperti peternakan sapi, ke depan diharapkan bisa bertambah ke sektor lainnya.

“Sinergi yang sudah dimulai berupa peternakan sapi di Bangka Barat. Tentunya kerja sama ini dapat ditingkatkan mengingat letak Bangka Belitung yang lebih dekat dan lebih murah biaya produksinya,” kata gubernur terpilih Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Rabu (26/4/2017).

Baca juga: Petahana Gubernur Bangka Belitung Kalah

Untuk peternakan sapi ini, pemerintah daerah menyiapkan lahan lebih kurang 100 hektar yang akan digunakan untuk pembibitan, penggemukan hingga pengolahan pakan.

Selain bidang peternakan, sektor kelautan, kata Erzaldi, juga berpeluang menampung investasi dari DKI Jakarta.

Adanya potensi perikanan, serta letak geografis Bangka Belitung yang satu jalur laut, memungkinkan dibangunnya pelabuhan penyangga guna mengurai kepadatan di Teluk Jakarta maupun Tanjung Priuk.

“Selama ini potensi kelautan di Bangka Belitung belum termanfaatkan maksimal karena keterbatasan dana,” ujar bupati Bangka Tengah ini.

Ketersediaan lahan dan wilayah laut diharapkan mendukung program ketahanan pangan dan poros maritim yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Ini akan menjadi penting dan strategis untuk kerja sama antardaerah sekaligus menyukseskan program pembangunan nasional,” pungkasnya.

Baca juga: Ada Surplus Energi 400 MW, PLN Tantang Investor Datang ke Bangka Belitung

Sebagaimana diketahui, Kepulauan Bangka Belitung dan DKI Jakarta sama-sama telah melewati pilkada gubernur pada 15 Februari  2017.  

Di Kepulauan Bangka Belitung, pasangan petahana Rustam Efendi-Hidayat Arsani kalah oleh pasangan Erzaldi Rosman – Abdul Fatah. Sementara di DKI Jakarta, petahana Basuki Tjahaja Purnama-Jarot Saefulah dikalahkan Anies Baswedan-Sandiaga S Uno.

Kompas TV Sebanyak 523 peserta dari 16 negara ambil bagian dalam Sungai Liat Triathlon 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com